Saturday , June 24 2017
Topik Terhangat

BPDB Jateng Berencana Pasang Seismograf di Merbabu

Kamis, 27 Maret 2014 – 17.50 wib

BPDB Jateng Berencana Pasang Seismograf di Merbabu

SALATIGA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng berencana memasang seismograf di puncak Gunung Merbabu. Hal ini diungkapkan oleh Koordinator SAR Merbabu, Agus Surolawe kepada jurnalwarga.com melalui sambungan telepon, Kamis (27/3).

Namun demikian, kata Agus, kondisi Merbabu saat ini cenderung aman dan tidak menampakkan gejala aktivitas vulkanik. Agus mengatakan, sejumlah gempa yang dirasakan warga di lereng Merbabu beberapa waktu lalu merupakan gempa tektonik.

“Kalau rencana memang ada, kami bersama BPBD terus melakukan koordinasi terkait aktivitas Merbabu. Namun demikian, hingga saat ini tidak nampak gejala aktivitas vulkanik dan Merbabu masih dalam keadaan aman,” ungkap Agus.

Sementara itu, pakar gempa dari Pusat Penelitian Geoteknologi, LIPI, Danny Hilman Natawidjaya seperti dilansir tempo.com mengingat semua pihak agar tidak meremehkan gempa Merbabu Februari lalu. Danny menganggap data gempa tidak lengkap dan masih sedikit.

Danny menambahkan, kekuatan gempa yang dilansir BMKG saat itu adalah 2,7 SR dengan kedalaman 10 kilometer. Seharusnya, kata Danyy, gempa dengan kekuatan tersebut tidak akan merusak. Danny menganggap data tersebut didapat karena jarak seismometer  dengan pusat gempa relatif jauh.

Padahal, dalam kejadian tersebut, sejumlah warga di Sumogawe mengaku mendengarkan dentuman keras dan mengakibatkan puluhan rumah warga rusak. Dentuman tersebut, menurut Danny merupakan akibat dari adanya resonansi getaran yang muncul akibat sesuatu yang bergerak di dalam tanah. Danny mengatakan suara dentuman yang mengawali adanya gempa terhitung tidak lazim. (Guruh Cahyono/Jurnalwarga.com)

Komentar Anda

You might also likeclose