Sunday , June 25 2017
Topik Terhangat

Walikota Wacanakan Car Free Day Di Dua Ruas Jalan

Walikota Wacanakan Car Free Day Di Dua Ruas Jalan

Sumber : Salatigakota.co.id

SALATIGA—Walikota Salatiga, Yulianto mengatakan Pemkot Salatiga akan mengkaji program car free day (CFD) di dua ruas jalan di Pusat Kota Salatiga. Kedua ruas jalan tersebut antara lain di Jalan Sukowati dan Jalan Kartini. Hal ini  Yulianto melalui sambungan telepon kepada jurnalwarga.com, Selasa (15/4).

Terkait hal tersebut, tambah Yulianto, pemkot akan melakukan studi banding ke Solo yang sukses menyelenggarakan program CFD di Jalan Slamet Riyadi. Yulianto mengaku, saat ini pelaksanaan CFD di Salatiga dalam proses pengkajian.

“Selama ini yang kami lihat sudah ada aktifitas warga di selasar Jalan Kartini. Ini masih akan dikaji apakah nanti pelaksanaan CFD dilaksanakan di jalan tersebut atau di Jalan Sukowati. Kami akan melakukan studi banding ke Solo yang sudah sukses dengan CFD di Jalan Slamet Riyadi, ” ungkap Yulianto.

CFD di Jalan Kartini sebenarnya pernah dilaksanakan pada Juni tahun lalu. Namun karena belum jelasnya regulasi, CFD di jalan tersebut tidak berlangsung lama.

Sementara itu, anggota Komisi III DPRD Salatiga, Shandra Kusumawati menganggap pelaksanaan CFD harus ada regulasi yang jelas. Shandra mengaku mendukung pelaksanaan CFD tersebut karena bisa memunculkan potensi sosial ekonomi bagi warga masyarakat. Shandra bahkan menyarankan agar pemkot menggerakkan PNS untuk ikut meramaikan kegiatan CFD jika sudah dilaksanakan nantinya.

“Selain untuk pengurangan dampak emisi. Pelaksanaan CFD juga diharapkan mampu menumbuhkan potensi sosial ekonomi warga, sehingga perlu diatur dengan regulasi yang jelas agar pelaksanaannya dapat berlangsung secara berkelanjutan,” terang Shandra. (Guruh Cahyono/jurnalwarga)

Komentar Anda

You might also likeclose