Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

Kota Salatiga Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

 

Kota Salatiga Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Kamis (5/6) pagi tadi, Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia, pihak pemerintah kota Salatiga mengadakan Acara bertajuk “Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir Dari Dampak Perubahan Iklim”

Menurut kepala Kantor Lingkungan hidup kota Salatiga Prasetyo ichtiarto meskipun Kota Salatiga tidak mempunyai daerah pesisir, namun terkait dampak perubahan iklim, Salatiga tetap mengupayakan penurunan Emisi gas buang yang barasal dari industri, transportasi, maupun perumahan.  Hal tersebut yang juga menjadi salah satu alasan mengapa acara ini diadakan di Kampung Percik di  Jl. Patimura Km 1, Salatiga. “Kampung percik ini masih hijau, asri, serta ekosistemnya yang masih komplit serta alami, ini patut dijadikan contoh, untuk menurunkan emisi dan tingkat polusi di Salatiga”. Jelasnya.

Pihak pemerintah terutama Kantor Lingkungan Hidup kota salatiga juga sudah bekerja sama dengan berbagai LSM termasuk Percik untuk menghimbau serta mensosialisasikan penghematan energi baik listrik ataupun gas kepada masyarakat dan para pelaku industri di salatiga. Selain itu Dinas lingkungan hidup bekerjasama dengan TNI telah mengadakan kegiatan penanaman pohon sebanyak 5000 bibit yang ditanam dibeberapa titik, yaitu di SMKN 3 Salatiga, Hutan Kota dan Taman Kota dengan harapan agar Kota Salatiga semakin terhindar dari polusi udara.

Tingkat polusi udara di Salatiga sendiri tergolong masih aman dengan skala tingkat polusi udara 5, yang mana jika melebihi 6,8 sudah tergolong tidak aman. “Memang kita masih aman, tapi jika hal ini dibiarkan saja, lama-lama kita bisa melebihi ambang batas aman, maka dari itu kami mengupayakan program-program untuk mencegah hal tersebut terjadi” jelas Prasetyo.

Selain Dinas lingkungan hidup, acara tersebut juga dihadiri oleh Walikota Salatiga Yulianto yang turut serta memberikan pengarahan dihadapan siswa-siswa SD yang hadir, untuk lebih peduli terhadap lingkungan mereka. (Pramudyananta/Jurnal Warga)

Komentar Anda

You might also likeclose