Monday , September 25 2017
Topik Terhangat

Festival Kethoprak Solo 2014, Akan Digelar Dengan Konsep Yang Berbeda

Festival Kethoprak Solo 2014, Akan Digelar Dengan Konsep Yang Berbeda

Rencana Lokasi Pagelaran ‘Festival Kethoprak Solo 2014 

Solo Raya-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta yang bekerjasama dengan PAKSURA (Paguyuban Kethoprak Surakarta) akan mengadakan Festival Kethoprak Solo 2014 untuk kelima kalinya, yang akan diselenggarakan pada tanggal 10 – 14 Juni 2014, di Gedung Kesenian Taman Balekambang Solo

Kegiatan kali ini bukan hanya berisi pementasan-pementasan kethoprak saja, tetapi sarasehan dan pameran foto tentang Kethoprak serta karya-karya seni instalasi juga akan ikut dihadirkan dalam Festival Kethoprak Solo 2014 kali ini, Rencananya sarasehan Kethoprak akan digelar pada tanggal 10 Juni 2014, dengan narasumber Wakil Walikota Solo Achmad Purnomo, Ketua DPRD Kota Solo YF. Sukasno,  serta pakar Kethoprak, St. Wiyono.

Festival kali ini rencananya akan dibuat konsep yang berbeda dari tahun  yang sebelumnya, kali ini mahasiswa dan komunitas umum akan dilibatkan dalam festival tersebut.

Ketua Panitia Penyelenggara Festival Kethoprak, Yogi Setyawan, mengatakan “Kegiatan ini dilaksanakan bukan hanya untuk  melestarikan kesenian Kethoprak, namun juga untuk ‘nguri-uri’ kebudayaan jawa ataupun konservasi kesenian, dan juga  untuk pengembangan kethoprak agar tidak ketinggalan jaman, maka kami banyak  melibatkan anak – anak muda”, jelasnya kepada wartawan, Kamis ( 5/6 ).

Eny Tyasni, selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, juga menambahkan bahwa Festival Kethoprak Solo 2014 akan diikuti sembilan kelompok dan satu kelompok eksebisi, sembilan kelompok ini terdiri dari latar belakang yang berbeda, seperti Komunitas Gendheng Rek, Unit Pengembangan Kesenian Daerah FKIP UNS, Kethoprak Palguna Klaten, Gumbregah Jebres, Banjaran Timur, Ketholeng Boyolali, Serambi Sukowati Sragen, Wiswakarman FSSR UNS, serta Sekar Budaya Banjarsari. Satu Kelompok eksebisi dari Kethoprak Lintas Profesi yang akan dimainkan oleh Wakil Walikota Achmad Purnomo, Ketua DPRD Kota Solo YF. Sukasno, juga tokoh masyarakat, pengusaha serta dosen.  “Sembilan kelompok tersebut  akan pentas pada  tanggal 11 – 13 Juni 2014, sedangkan peserta eksebisi Kethoprak Lintas Profesi akan pentas pada tanggal 14 Juni 2014 sebagai penutup”, pungkasnya. (Dony Mahendra/Jurnal warga).

Komentar Anda

You might also likeclose