Sunday , September 24 2017
Topik Terhangat

Kostum Bambu Hiasi Vansternburg Carnival di Solo

Kostum Bambu Hiasi Vansternburg Carnival di Solo

Solo Raya/Jurnal warga – Kota Solo akan menyelenggarakan acara karnaval modern Vasternburg Carnival, karnaval kali ini akan digelar mulai pada tanggal 6 – 7 Juni 2014 di Benteng Vestenburg Solo.
Vastenburg Carnival adalah karnaval yang menggunakan ruang arsitektur Benteng Vastenburg sebagai arena performing karnaval, yang menjadi simbol pertahanan budaya lokal. karnaval yang digelar kali pertama di Solo ini nantinya bakal diawali dengan arak-arakan dari tugu nol kilometer Pemandengan (terletak di depan Balai Kota Solo), kemudian menyusuri Jl Jenderal Sudirman, dan masuk ke kawasan Benteng Vastenburg.

Tema Vastenburg Festival kali ini adalah ‘Bamboo, it’s My Costume’, dimana acara tersebut rencananya akan ditetapkan sebagai Hari Karnaval Nasional dan Solo Sebagai tuan rumahnya. Tidak hanya sekedar kostum kontemporer yang tampilkan, kostum tradisional, musik tradisional dan kesenian lainnya juga ikut menyemarakan acara ini, kemudian terdapat juga, Karya terbaik dalam workshop pre-event acara ini, yang mana akan ditampilkan dalam arak-arak pembukaan yang rencananya akan diadakan pada puncaknya,sabtu (7/6) pukul 19 : 00 Wib.

Dalam keterangannya Walikota Solo FX. Hadi Rudyatmo,menjelaskan, “Dalam pembukaan hari ini, Jumat (6/6) baru menampilkan foto benteng-benteng yang berada di seluruh Indonesia, dalam keterangannya, benteng yang berada di seluruh Indonesia terdapat 442 benteng, namun baru Benteng Vansternburg yang berada di Kota Solo yang belum menjadi milik Pemerintah Indonesia”, jelasnya kepada wartawan, jumat ( 6/6 ).

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo, Eny Tyasni mengungkapkan, “Kegiatan Vascar (Vansternburg Carnival) ini diikuti peserta dari 7 daerah, meliputi Solo, Magelang, Banyumas, Yogyakarta, Boyolali, Pekalongan dan Bengkulu. Sesuai jadwal, pukul 19.00 WIB peserta Vascar bertolak dari kompleks Balaikota Solo menuju venue di Benteng Vastenburg dan dilanjutkan dengan sejumlah performance di dalam benteng ‘’,jelasnya. (Dony Mahendra/Jurnal Warga)

Komentar Anda

You might also likeclose