Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

Seminar FISKOM Kupas Peluang dan Tantangan ASEAN Economic Community

Seminar FISKOM Kupas Peluang dan Tantangan ASEAN Economic Community

Kampus/Jurnal Warga – Program studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (FISKOM) UKSW akan menyelenggarakan rangkaian acara Seminar Nasional dan Pentas Kebudayaan dan Seni, pada Kamis (12/6) di Balairung UKSW mulai pukul 09.30 WIB.

Seminar akan mendatangkan 4 pembicara, yaitu Iwan Suyudhie Amri (Sekretaris Ditjen Kerjasama ASEAN-KEMLU RI), Dr. Pamerdi Giri Wiloso (Antropolog UKSW), Prof. Dr. FX. Sugiyanto (Guru Besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro) dan Rochdi Mohan Nazala, MSA, M.Lit. (Ahli Politik Keamanan Universitas Gadjah Mada).

Selain seminar nasional, dihari yang sama juga diadakan  Pameran Kebudayaan “World Cultures” di Student Center mulai pukul 10.00-17.00 WIB.

ASEAN Community merupakan peluang sekaligus tantangan bagi negara-negara di ASEAN. Di sektor ekonomi, ASEAN Economic Community menjanjikan pasar yang besar dengan kemudahan pergerakan faktor-faktor produksi antara negara-negara di ASEAN, namun hal tersebut juga menjadi sebuah tantangan karena dengan kemudahan tersebut persaingan bisnis antar Individu, perusahaan dan bahkan negara semakin terbuka.

Menanggapi peluang dan tantangan ASEAN Community, negara-negara ASEAN sudah tentu harus mencari formula dan peran yang tepat agar dapat memaksimalkan peluang yang ada. Dalam hal ini, Indonesia sebagai salah satu negara besar di Asia Tenggara dan pendiri ASEAN sudah tentu berhadapan pula dengan peluang serta tantangan ASEAN Community. Bagaimana peran Indonesia di Asia Tenggara dalam kerangka ASEAN Community serta apa yang harus dilakukan pemerintah Indonesia dalam mempersiapkan masyarakatnya menghadapi peluang dan tantangan ASEAN Community akan dikupas dalam seminar esok.(Upik/UKSW/Jurnalwarga)

Komentar Anda

You might also likeclose