Tuesday , September 26 2017
Topik Terhangat

Mahasiswa Asing Belajar Bahasa dan Budaya di UKSW

Mahasiswa Asing Belajar Bahasa dan Budaya di UKSW

Kampus/Jurnal Warga – Pembantu Rektor IV Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Dra. Martha Nandari S. Handoko, MA membuka secara resmi kegiatan Program Intensif Belajar Bahasa dan Budaya Indonesia (PIBBI) ke-65, Senin (16/6) di Balairung Universitas. Kegiatan ini resmi dibuka ditandai dengan pemukulan gong dihadapan civitas akademika yang mengikuti Ibadah Senin ditempat yang sama. PIBBI ke-65 ini diikuti 17 peserta; 15 diantaranya adalah mahasiswa Australian National University (ANU), Australia dan 2 peserta lainnya adalah warga asing.

Dalam sambutannya, Martha Nandari mengucapkan selamat datang kepada semua peserta PIBBI ke kampus UKSW dan Salatiga. “Kita bersyukur bisa membuka program PIBBI ke-65 yang telah kita mulai 30 tahun yang lalu. Ketika banyak universitas di Indonesia yang masih merintis program internasional, kita sudah memulainya 30 tahun yang lalu. Alumni PIBBI sampai saat ini sudah mencapai 3500 dan tersebar dibanyak negara,” kata Martha Nandari.

Salah satu peserta kegiatan PIBBI, Marcus Cameron seorang mahasiswa ANU menyampaikan kesaanya tentang kampus UKSW disela acara ramah tamah yang digelar seusai pembukaan.

“Kampus UKSW hijau ya, banyak pohon-pohon besar disini. Saya suka. Beda sekali dengan kampus saya, dan disini banyak sekali mahasiswanya,” kata Marcus.

PIBBI ke-65 akan berlangsung mulai hari ini hingga 25 Juli 2014 mendatang. Selain belajar dalam kelas-kelas, peserta PIBBI juga akan mempelajari budaya Indonesia dalam kegiatan Kelas Budaya; yaitu kelas Karawitan, Pencak Silat dan Membatik. Hasil belajar peserta PIBBI dikelas budaya akan ditampilkan dalam acara Siang Budaya, 8 Juli mendatang.

Ada yang menarik dengan penyelenggaraan PIBBI yang diadakan oleh Language Training Center (LTC) UKSW kali ini. Salah satu peserta PIBBI juga akan mempelajari bahasa Jawa. Untuk itulah LTC telah menyiapkan pengajar khusus dari Pusat Studi Bahasa Jawa UKSW. Selama mengikuti program ini, ke-17 peserta PIBBI akan tinggal disejumlah rumah civitas akademika UKSW (home stay).(Humas UKSW/Jurnal Warga)

Komentar Anda

You might also likeclose