Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

Penerapan NK dan NL Dalam PPDB Salatiga 2014

Penerapan NK dan NL Dalam PPDB Salatiga 2014

SALATIGA–Penerapan nilai kemaslahatan (NK) dan nilai lingkungan (NL) serta nilai prestasi (NP) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk tingkat SLTP dan SLTA 2014 di Salatiga, dilakukan untuk menjamin rasa keadilan bagi warga Salatiga. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Salatiga, Tedjo Supriyanto.

Tedjo menjelaskan, pada tahun ini NK bagi anak tenaga pendidik dan tenaga di lingkungan satuan pendidikan yang mendaftarkan diri di satuan pendidikan di mana orang tuanya bekerja, mendapatkan NK 1,50, sementara jika mendaftar di luar satuan pendidikan tempat orang tuanya bekerja mendapat NK 1,25. Bagi anak tenaga didik asal Salatiga yang bekerja di luar Salatiga, mendapatkan NK 1,00. Bagi warga Salatiga, lanjut Tedjo, jika akan mendaftarkan anaknya ke sekolah di Salatiga, akan diberi NL 1,50 dengan membawa bukti Kartu Keluarga (KK).

“ NK dan NL serta NP merupakan kesepakatan bersama dan sudah dirapatkan dengan berbagai elemen masyarakat diantaranya kalangan akademisi dan Dewan Pendidikan Salatiga (DPS), Forum Sekolah Swasta serta para kepala sekolah di Salatiga,” terangnya.

Tedjo menambahkan, dengan adanya nilai tambahan tersebut, pihaknya berharap dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi warga Salatiga yang ingin mendaftarkan anaknya di sekolah yang ada di Salatiga.

” Khusus untuk NK, nilainya lebih kecil dari tahun lalu. Pada tahun lalu, NK bagi anak pendidik yang mendaftar di sekolah tempat orang tuanya bekerja adalah 7, sedangkan di luar tempat orang tuanya bekerja mendapatkan NK 4. Untuk anak pendidik asal Salatiga yang bekerja di luar Salatiga, mendapatkan NK 2,” jelas Tedjo.

Sementara itu, Pengamat Pendidikan UKSW, Bambang Ismanto mengatakan penerapan NK dan NL serta NP pada PPDB tahun ini merupakan hal yang baik bagi iklim pendidikan Salatiga. Hal ini, Kata dia, dapat memberikan akses seluas-luasnya bagi warga Salatiga untuk masuk ke sekolah-sekolah yang ada di Salatiga.

“Ini perkembangan yang baik, adanya penurunan NK serta masih diterapkannya NL maupun NP, dapat memberikan peluang yang luas bagi warga Salatiga.” Pungkasnya. (Guruh Cahyono)

Komentar Anda

You might also likeclose