Sunday , September 24 2017
Topik Terhangat

Puluhan Siswa Bimbel ASBES ikuti Jelajah Salatiga Kota Tua

Puluhan Siswa Bimbel ASBES ikuti Jelajah Salatiga Kota Tua

Puluhan siswa bimbingan belajar (bimbel) ASBES dengan atusias mengikuti jelajah sejarah Salatiga kota tua yang di adakaan komunitas ASBES bekerja sama dengan  komunitas pecinta sejarah Salatiga, Salatiga Kota Toea, Sabtu (21/6).  Dengan mengenalkan peninggalan-peninggalan sejarah Salatiga kepada anak-anak setingkat SD dan SMP bimbel  ASBES diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap kotanya.

Kegiatan jelajah salatiga tersebut diawali dengan mengunjungi rumah ibadah Klenteng Hok Tek Bio di Jalan Sukowati Salatiga. Selanjutnya, rombongan diajak ke sejumlah bangunan tua yang ada di komplek Pemkot Salatiga. Setelah dari pemkot, rombongan bergerak menuju Pendapa Polres Salatiga yang dulunya merupakan pendapa Kepatihan. Kantor Satlantas Polres Salatiga di Jalan Diponegoro menjadi tujuan rombongan berikutnya. Di tempat ini anak-anak mendapat penjelasan menganai sejarah keberadaan bangunan Satlanas yang di bawahnya terdapat bunker dan akses jalan rahasia menuju rumah dinas Danrem Salatiga di Kalimangkak.

Puluhan Siswa Bimbel ASBES ikuti Jelajah Salatiga Kota Tua

“Kami juga mengajak anak-anak untuk melihat Istana Tjoen Eng yang kini merupakan Institut Roncali. Setelah itu, kami membawa anak-anak menuju ke Prasasti Plumpungan, di tempat ini kami jelaskan mengenai sejarah nama Salatiga serta memperlihatkan sejumlah benda bersejarah yang tersimpan di dekat prasasti tersebut,” terang Warin, pendamping rombongan.

Puluhan Siswa Bimbel ASBES ikuti Jelajah Salatiga Kota Tua

Selain beberapa tempat tersebut, rombongan juga mengunjungi GPIB Salatiga, Bank Jateng (eks Hotel Kalitaman) dan Rumah Dinas Walikota. Kegiatan ini, jelas Warin, baru pertama kali dilakukan. Rencananya, kedepan, komunitas ASBES dan komunitas Salatiga Kota Toea berencana untuk membuat kegiatan yang sama yang akan di peruntukkan bagi orang-orang dewasa dan masyarakat umum kota Salatiga agar lebih mengenalkan peninggalan-peninggalan sejarah Salatiga.(Gigihtaja/Jurnalwarga)

 

Komentar Anda

You might also likeclose