Sunday , September 24 2017
Topik Terhangat

Koleksi Hewan Di Kebun Binatang Kota Solo Mulai Berguguran

Koleksi Hewan Di Kebun Binatang Kota Solo Mulai Berguguran

Solo/Jurnal Warga – Salah satu koleksi Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), ditemukan tewas lagi, Selasa (24/6) Oni, Singa  jantan Afrika hasil pindahan kebun binatang Surabaya yang berusia 19 tahun tersebut tewas karena sudah terlalu tua.

Menurut keterangan Direktur Operasional TSTJ, Windu Winarso, mengatakan, “singa jantan bernama Oni tersebut ditemukan mati oleh seorang satpam sekitar pukul 01.55 WIB, Selasa (24/6/) dini hari. Singa Afrika tersebut ditempatkan dikandang karantina hampir selama  empat bulan terakhir, karena dalam kondisi sakit.  “Jadi kondisi terakahir Oni sakit itu karena sakit tua, organ tubuhnya memang sudah terlihat renta. Hari ini juga bangkainya akan dikuburkan”, ujar Windu.

Nur Aini, yang merupakan salah satu dokter hewan yang menangani Oni mengatakan, “Selama dua bulan terakhir  Oni terlihat mulai malas bergerak, kesulitan makan, serta kotorannya lembek”. Dirinya mengaku bahwa pihak TSTJ telah memindahkan Oni dari kandangnya ke kandang Karantina dan selalu dalam pengawasan.

Nur Aini, menambahkan, “Kami pindahkan ke Karantina sebab Oni sudah tidak bisa makan sendiri, jadi makannya sambil tiduran, untuk berjalan juga sudah kesulitan, Kami sudah melakukan Otopsi tadi pagi untuk mengetahui penyebab pasti kematiannya”, tambahnya kepada wartawan.

Kematian Oni,  Singa jantan Afrika tersebut menyusul berkurangnya hewan koleksi Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), dari sebelumnya telah ditemukan tewasnya dua orang utan koleksi TSTJ Solo, Kirno dan Pepi beberapa hari lalu. (Dony Mahendra / Jurnal Warga)

Komentar Anda

You might also likeclose