Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

JADIKAN KOTA SALATIGA SEBAGAI KOTA PENYANGGA BENCANA, PMI SALATIGA REKRUT RELAWAN

JADIKAN KOTA SALATIGA SEBAGAI KOTA PENYANGGA BENCANA, PMI SALATIGA REKRUT RELAWAN

Salatiga/Jurnal Warga – Merujuk pada program PMI Pusat, yang mana menjadikan tahun 2014 sebagai tahun kualitas PMI, maka salah satu konsentrasi program kerja PMI Kota Salatiga tahun 2014 ini adalah penguatan kapasitas Organisasi untuk SDM, yang mana salah satu programnya adalah  melaksanakan rekrutmen Relawan untuk bergabung menjadi Korps Sukarela (KSR).

Kegiatan Rekrutmen diawali dengan membuka pendaftaran di Markas PMI Kota yang dilakukan sejak bulan April yang lalu dan ada 76 orang yang mendaftar. Setelah itu pada tanggal 13 Juni dilakukan daftar ulang untuk mengikuti diklat dan ternyata ada 36 Orang yang menyatakan bisa mengikuti rangkaian kegiatan dalam rekrutmen Relawan. Pada tanggal 15 Juni dilakukan tes fisik untuk mengetahui sebatas mana kemampuan calon relawan PMI, hal ini dilakukan oleh panitia untuk mengetahui sebatas mana kemampuan masing-masing pribadi dan bukan manjadi syarat wajib bagi relawan, karena PMI dalam merekrut anggota dan relawan tidak membedakan latar belakang dan keterbatasan secara fisik. “Siapapun bisa menjadi relawan PMI, meskipun ‘maaf’ mungkin ada mereka yang mempunyai keterbatasan fisik tetap akan kami terima”, tandas Tri Sukrisdyanto selaku Kepala Markas.

Selanjutnya, pada tanggal 20- 22 Juni 2014, calon anggota relawan PMI menjalani diklat dasar di Markas PMI Kota Salatiga dan seputar wilayah salatiga, untuk kegiatan di lapangan PMI Kota Salatiga menggunakn bumi perkemahan Senjoyo sebagai lokasi untuk melakukan training. Selama tiga hari dua malam, seluruh peserta dibekali dengan berbagai materi yang disampaikan oleh fasilitator dari PMI Provinsi, Pengurus, staff & relawan senior PMI Kota Salatiga, serta pelatih dari POLRES dan KESBANGPOL Salatiga. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan bagi calon anggota KSR PMI Kota Salatiga terkait untuk materi PMI.

Upacara pembukaan dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Wakil Ketua Bidang PB PMI Kota Salatiga, Drs. Mutho’in, M.Si. Mewakili Ketua PMI dalam sambutan dan arahannya menyampaikan bahwa anggota relawan merupakan anggota muda PMI yang menjadi tulang punggung organisasi dalam melaksanakan tugas-tugas PMI serta mempunyai tugas sebagai agen perubahan bagi generasi muda yang lain menjadi manusia yang berperikemanusiaan serta berkarakter yang baik.

Pada saat menutup kegiatan, Siti Muawanah selaku sekretaris PMI menjelaskan, Dalam pelaksanaan diklat ini selain melibatkan instansi mitra sebagai upaya untuk memperkenalkan anggota baru dengan mitra, tujuan panitia adalah juga untuk mendekatkan PMI dengan berbagai pihak, salah satunya dalam rangkaian diklat juga dilakukan kerja bakti dan melakukan program ‘1 Rumah tanan 1 Pohon’ yang dilaksanakan PMI Salatiga bersama mitra kerja dan masyarakat, “Hal ini merupakan sebuah langkah  yang dilakukan PMI Kota Salatiga untuk senantiasa meningkatkan eksistensinya dalam pengembangan organisasi menuju pada visi PMI yaitu ‘Terwujudnya PMI sebagai Organisasi Kemanusiaan yang profesional, tanggap dan dicintai  masyarakat’ dan upaya menjadikan Kota Salatiga menjadi Kota Penyangga Bencana” tegasnya. (Pramudyananta/Jurnal Warga)

Komentar Anda

You might also likeclose