Monday , September 25 2017
Topik Terhangat

Tolak Kenaikan TDL, Mahasiswa Datangi PLN

Tolak Kenaikan TDL, Mahasiswa Datangi PLN

SALATIGA—Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Front Perjuangan Pemuda Indonesia (FPPI) Salatiga menggelar aksi demonstrasi menolak kenaikan tarif dasar listrik (TDL) di depan Kantor PLN, Jl Diponegoro, Salatiga, Kamis (26/6). Melalui aksi teatrikal, FPPI juga menuntut pemerintah untuk menghentikan monopoli atas seluruh sumber daya alam dan energi di Indonesia.

Koordinator aksi, Nazil Enwi Mabana, mengatakan, pemerintahan SBY-Boediono mengambil langkah yang dianggap tidak tepat dengan menaikkan TDL. Nazil menambahkan, listrik merupakan salah satu kekayaan alam yang seharusnya dipergunakan sepenuhnya untuk kesejahteraan rakyat.

“Listrik adalah salah satu kekayaan alam bangsa yang seharusnya menjadi hak semua warga negara untuk menikmatinya. Namun, di era Pemerintahan SBY, listrik seakan dijadikan salah satu lumbung bisnis negara yang tidak jelas peruntukannya,” ungkap Nazil.

Selain menolak kenaikan TDL, Nazil menambahkan, ada beberapa poin yang menjadi materi tuntutan dalam aksi kali ini, terkait kebijakan mengenai sumber daya alam dan energi Indonesia. Salah satunya, kata dia, tuntutan terhadap upaya menasionalisasi aset perusahaan asing yang mengolah SDA di Indonesia. Reformasi agraria juga dianggap menjadi hal penting yang harus segera dilakukan oleh pemerintah.

“Nasionalisasi aset asing yang mengelola SDA Indonesia, reformasi agraria, menarik semua regulasi yang tidak pro rakyat, menaikkan anggaran subsidi bagi rakyat serta penghapusan bantuan langsung tunai (BLT) menjadi tuntutan kami kepada pemerintah dalam aksi ini,” pungkas Nazil. (guruh Cahyono)

Komentar Anda

You might also likeclose