Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

Komisi IX DPR RI Kunjungi Pasien Sakit Jiwa Di Griya PMI Peduli

Komisi IX DPR RI Kunjungi Pasien Sakit Jiwa Di Griya PMI Peduli

Solo Raya/Jurnal Warga- Griya PMI Peduli Solo, pada hari Kamis (26/6) mendapat kunjungan dari Komisi IX DPR RI. Kunjungan tersebut merupakan salah satu bentuk pengawasan terhadap berbagai permasalahan dan persiapan beroperasinya BPJS Ketenagakerjaan yang akan dimulai pada tanggal 1/7 2015.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Irgan Chairul Mahfiz (F-PPP) menuturkan, “Kota Solo juga merupakan salah satu kota yang telah menjalankan operasi jalanan guna mencari orang gangguan jiwa yang berkeliaran yang mengganggu kepentingan umum, dan orang dengan gangguan jiwa tersebut untuk kemudian ditampung, salah satu tempat penampungannya di Griya PMI ini ‘,  jelasnya kepada wartawan.

Irgan menambahkan, bahwa PMI memang mempunyai kepedulian yang tingi terhadap orang gangguan jiwa tersebut. “Orang yang terganggu jiwanya sebaiknya tidak di marjinalkan, namun di manusiawikan, setiap warga Negara Indonesia berhak memiliki asuransi jiwa, namun ada persoalan sosialisasi tentang BPJS kepada masyarakat dan pemangku kepentingan seperti rumah sakit, dokter, pemprov, dan peserta, jangan dikarenakan kurang kordinasi, menyebabkan pelayanan kurang optimal,” tambahnya.

Disisi lain Kepala Markas PMI Kota Solo Tri Wuryanto menjelaskan, “Griya PMI Peduli di jl.Sumbing Raya, Mojosongo Solo ini, saat ini menampung pasien gangguan jiwa sebanyak 109 orang, mereka juga di beri ketrampilan memasak, menjahit dan juga di beri kegiatan jalan-jalan, dan juga olah raga. Kegiatan tersebut dilakukan dengan pengawasan petugas”, terangnya kepada wartawan.

Tri juga menambahkan, “Harapan kedepan kami akan terus bekerja semaksimal mungkin hingga mencapai tidak ada lagi masyarakat dengan penyakit gangguan kejiwaan, dengan tujuan kamar-kamar yang ada di Griya PMI Peduli ini tidak berpenghuni lagi”, pungkasnya. (Dony Mahendra/Jurnal Warga).

Komentar Anda

You might also likeclose