Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

Bulan Ramadan, Omzet Rentenir di Pasar Raya II Meningkat

Bulan Ramadan, Omzet Rentenir di Pasar Raya II Meningkat

Ilustrasi rentenir. sumber foto : www.google.co.id

SALATIGA—Setiap bulan Ramadan tiba, kegiatan ekonomi masyarakat mengalami peningkatan. Di pasar-pasar tradisional, sejumlah pedagang bahkan berani menambah bahan dagangan mereka dibanding hari-hari biasa. Hal ini membuat para pedagang rela menambah modal, salah satunya dengan menggunakan jasa rentenir.

Berdasarkan pantauan jurnalwarga.com di Pasar Raya I Salatiga pada Minggu (29/6), sejumlah pedagang bahan kebutuhan sehari-hari mengaku terpaksa menggunakan jasa retenir untuk mendapatkan modal demi memenuhi target pada bulan Ramadan kali ini. Salah satu pedagang, Sumarni, 51, mengatakan, jasa rentenir dipilih karena prosesnya mudah. Meskipun demikian, Sumarni sebenarnya merasa keberatan karena bunga potongan pinjaman mencapai 10 persen.

“Jadi kalau pinjam Rp1 juta, kami terima hanya Rp920 ribu, yang Rp80 ribu untuk administrasi. Nanti pengembaliannya selama sebulan jadi Rp1.100.000. Kami butuh cepat, meskipun berat ya memang itu jalan cepat untuk tambah modal,” terangnya.

Salah seorang pelaku jasa peminjaman uang, Sukasno, 41, warga Boyolali, mengatakan, dalam bulan Ramadan kali ini, dirinya mengaku menambah modal untuk pinjaman sebesar Rp200 juta. Sukasno mengatakan, dengan dasar kepercayaan, dirinya meminjamkan uang kepada para pedagang dengan rata-rata peminjaman Rp2 juta per pedagang.

“Kalau bulan Ramadan seperti ini, apalagi menjelang Ramadan, omzet bisa naik dua kali lipat. Sehari tadi, saya mengeluarkan dana hingga Rp30juta. Biasanya hanya Rp15juta, para pedagang ada yang membayar harian, mingguan ada juga yang bulanan,” terangnya. (Guruh Cahyono)

Komentar Anda

You might also likeclose