Sunday , June 25 2017
Topik Terhangat

Kampanyakan Gerakan Membaca, Mahasiswa Bertopeng Tokoh-Tokoh Indonesia

 

 

Kampanyakan Gerakan Membaca, Mahasiswa Bertopeng Tokoh Tokoh Indonesia

Solo – Dalam rangka memperingati  Hari Berkunjung Perpustakaan, beberapa mahasiswa D3 Jurusan Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo melakukan kampanye membaca.

Sambil membaca buku, sejumlah mahasiswa ini memakai topeng tokoh Indonesia. Ada presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi), wakil presiden terpilih Jusuf Kalla (JK), Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad dan ilmuwan Yohanes Yusuf. Karena itu, kampanye yang mereka lakukan ini sontak mengundang perhatian para pengunjung.

“Budaya membaca masyarakat sekarang ini sangat rendah. Kami sengaja melakukan kampanye dengan memakai topeng tokoh Indonesia supaya masyarakat sadar betapa pentingnya membaca buku itu,” tegas Koordinator aksi, Tommy Ali Ramadani kepada wartawan di sela-sela kampanye di gelaran Solo Car Free Day (SCFD) Jalan Slamet Riyadi, Minggu (14/9/2014).

Budaya membaca yang rendah, kata Tommy sangat mempengaruhi minat masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan. Padahal perpustakaan ini merupakan gudang atau sumber ilmu. Jika hal ini terus dibiarkan keberadaan perpustakaan selama ini akan sepi peminat.

“Kami mencoba menyadarkan kembali masyarakat agar gemar membaca buku. Soalnya keberadaan perpustakaan ini baru dari kalangan akademisi (mahasiswa) saja yang memanfaatkan. Itu saja kalau ada tugas kampus maupun lainnya”, ungkapnya.

Tommy mengakui, rendahnya masyarakat untuk datang ke perpustakaan karena koleksi buku yang ada sudah tidak lagi “up to date”. Keberadaan perpustakaan juga tak luput dari perhatian pemerintah. Perhatian ini dapat diwujudkan dengan menyumbangkan buku koleksi maupun yang lain.

“Yang paling penting itu pemerintah turut mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya membaca buku di perpustakaan”, pungkasnya. (Dony Mahendra/jurnalwarga.com).

Komentar Anda

You might also likeclose