Tuesday , August 22 2017
Topik Terhangat

35 WNI Hilang Dalam Tragedi Tenggelamnya Kapal Penangkap Ikan Korsel Di Laut Bering

35 WNI Hilang Dalam Tragedi Tenggelamnya Kapal Penangkap Ikan Korsel Di Laut Bering

MOSKOW- Kapal pencari ikan yang berasal dari Korea Selatan (Korsel) tenggelam saat menjaring ikan di perairan Laut Bering pada Selasa (2/12/2014). Dalam Insiden tersebut satu orang ditemukan tewas, sedangkan 50 lebih lainya termasuk diantaranya 35 Warga Negara Indonesia (WNI) masih belum ditemukan.

Kapal jenis Oriong-501 tersebut  tenggelam pada pukul 05.30 waktu GMT, di wilayah laut dekat Chukotka. Kapal tersebut tenggelam karena terkena terjangan ombak yang besar, seperti yang diungkapkan Artur Rets, kepala tim penyelamat maritim Rusia.

“Pada saat kapal sedang menjaring ikan, kapal dihempas ombak besar” ungkapnya seperti dilansir detik.com yang melansir dari halaman Reuters, Selasa (2/12/2014).

Rets menambahkan, tim penyelamat berhasil menyelamatkan delapan orang dari insiden tersebut, termasuk satu orang yang akhirnya tewas. Korban tewas sendiri merupakan warga Korsel.

“Berdasarkan data kami, ada sekitar 62 orang di atas kapal. Sementara nasib yang lainya belum diketahui,” tambahnya.

Secara Terpisah Kementerian Perikanan Korsel menyebutkan, kapal tersebut sudah berusia 36 tahun dan dikelola oleh Sajo Industries. Menurut mereka, ada 60 orang di kapal tersebut termasuk satu warga Rusia, 11 warga Korsel, 13 warga Filipina dan 35 WNI.

Sementara itu Nasib WNI belum diketahui pasti, berapa yang hilang dan selamat. Dalam melaksanakan operasi penyelamatan pihak terkait setempat mengungkapkan terkendala oleh cuaca yang buruk. (pa/jurnalwarga)

Komentar Anda

You might also likeclose