Monday , September 25 2017
Topik Terhangat

Misteri Tjipetir, Blok Karet Yang Menggemparkan Eropa, Ternyata Berasal Dari Indonesia

Misteri Tjipetir, Blok Karet Yang Menggemparkan Eropa, Ternyata Berasal Dari Indonesia

Misteri Blok Tjipetir yang menggemparkan Eropa akhirnya terpecahkan

Umum – Jika anda pernah mendengar kata Tjipetir, memang kata tersebut seperti sebuah nama tempat di Daerah sekitaran Jawa Barat yang selalu berawalan Ci seperti Cimahi, Cianjur, Cirebon dan lain-lain, sedangkan penulisan Tji pada Tjipetir merupakan tulisan pada saat sebelum era Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Tjipetir sendiri menjadi fenomena misteri yang menyita perhatian ribuan Netizen di seluruh Dunia, setidaknya hal tersebut yang terdapat dalam laman facebook Tjipetir Mystery yang beralamatkan http://www.facebook.com/TjipetirMystery dalam laman tersebut terdapat 2.031 pengguna facebook yang menyukai Komunitas ini.

Seperti dilansir BBC indonesia Selasa (2/12/2014), Misteri tersebut berawal pada saat Tracey Williams yang merupakan pembuat laman Tjipetir Mystery pada situs facebook, sedang berjalan di pantai dekat rumahnya di Cornwall, Inggris, ketika itu dia melihat benda persegi bertuliskan ‘Tjipetir’. Ketika disentuh, benda tersebut terasa kenyal seperti karet.

Karena penasaran Tracey kemudian mengunggah foto blok Tjipetir tersebut pada situs jejaring sosial Facebook. Semakin lama ternyata banyak orang datang berkunjung ke laman itu dan melaporkan bahwa mereka menemukan blok Tjipetir. Mereka yang mengaku menemukan blok tersebut ternyata tidak hanya di Inggris, tapi juga Spanyol, Prancis, Belanda, Jerman, Norwegia, Swedia, dan Denmark.

Beberapa media di Eropa sempat beberapa kali memuat artikel mengenai blok Tjipetir tersebut, diantaranya Daily Mail, Time, dan Media Perancis Lefigaro.

Karena rasa penasaran yang semakin besar akhirnya Tracey melakukan Riset mengenai Tjipetir. Ternyata tulisan ‘Tjipetir’ ternyata berasal dari sebuah daerah dekat Sukabumi, Jawa Barat. Di sana, saat Belanda masih menjajah Indonesia, terdapat sebuah perkebunan karet yang menghasilkan blok-blok persegi.

Misteri Tjipetir, Blok Karet Yang Menggemparkan Eropa, Ternyata Berasal Dari Indonesia

Blok Tjipetir ternyata berasal dari sebuah perkebunan karet di Sukabumi, Jawa Barat.

 

Lalu bagaimana Blok tersebut bisa tersebar ke berbagai wilayah di Eropa, Surat kabar Prancis saat memuat kisah ini melaporkan bahwa Titanic membawa benda ini.

Tracey kemudian memeriksa daftar kargo yang pernah dimuat oleh kapal Titannic, “Saya memeriksa manifes kapal Titanic dan menemukan bahwa memang kapal itu membawa benda karet. Spekulasi pun berkembang setelah berita ini tersiar,” ungkapnya.

Kemudian pada tahun 2013 Tracey dihubungi secara terpisah oleh dua orang, yang mengatakan bahwa kapal yang merupakan sumber blok Tjipetir, adalah Miyazaki Maru. Kapal asal Jepang yang ditenggelamkan kapal selam Jerman, U-88, pada 31 Mei 1917, yang dikomandani Kapten Walther Schwieger. Dimana dalam insiden tersebut mengakibatkan karamnya kapal Miyazaki Maru, di sebelah barat kepulauan Scilly, antara Inggris dan Prancis.

Sementara itu, Tracey mengungkapkan, bahwa sebagian besar blok masih dalam kondisi bagus bahkan salah seorang nelayan yang menemukan blok Tjipetir menggunakannya sebagai talenan untuk memotong ikan hasil tangkapan. (pa/jurnalwarga)

sumber : BBC Indonesia

Komentar Anda

You might also likeclose