Sunday , September 24 2017
Topik Terhangat

Penangkapan Tersangka Narkoba di Salatiga Kian Meningkat Tiap Tahun

Penangkapan Tersangka Narkoba di Salatiga Kian Meningkat Tiap Tahun

SALATIGA—Dalam lima tahun terakhir, penangkapan tersangka kasus narkoba di Salatiga cenderung meningkat.  Hal ini diungkapkan oleh Kasat Narkoba Polres Salatiga, AKP M Zazid saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (4/11). Dalam kurun waktu lima tahun tersebut, pihaknya telah menangkap sebanyak 97 tersangka.

Zazid mengatakan, pada 2010 ada sembilan tersangka yang ditangkap, untuk tahun 2011 sebanyak 16, pada 2012 meningkat menjadi 16, sedangkan di tahun 2013 ada 25 tersangka dan pada tahun ini sebanyak 28 tersangka. Zazid menambahkan, peningkatan penangkapan tersangka tersebut merupakan prestasi sekaligus tantangan bagi Sat Narkoba Polres Salatiga untuk meningkatkan kinerja dalam upaya pemberantasan narkoba di Salatiga.

“Jika dilihat dari angkanya memang cenderung meningkat. Ini menjadi sebuah ukuran prestasi sekaligus tantangan bagi kami untuk meningkatkan kinerja sebagai upaya memberantas narkoba di Salatiga,” terangnya.

Terkait dengan penyebab maraknya pengguna narkoba di Salatiga, Zazid menganggap hal tersebut sebagai dampak dari perkembangan teknologi komunikasi yang semakin memudahkan para pelaku tindak kejahatan narkoba untuk bertransaksi. Selain itu, Zazid mengakui, meskipun Kota Salatiga merupakan kota kecil, namun potensi peredaran narkoba cenderung tinggi.

Pada 2014, dari 28 terangka narkoba, empat diantaranya berstatus sebagai pelajar, satu mahasiswa sementara  23 lainnya adalah warga sipil. Terkait hal tersebut, Zazid mengaku telah menjalin kerjasama dengan Pemkot Salatiga dan DPRD Salatiga serta beberapa instansi lainnya untuk melakukan sosialisasi pencegahan tindak kejahatan narkotika.

“Salatiga memiliki potensi yang cukup besar dalam pengedaran narkotika meskipun wilayahnya kecil. Pada 2014 ini bahkan ada empat pelajar dan satu mahasiswa yang kami tangkap. Hal ini kami respons melalui upaya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak termasuk Pemkot Salatiga, DPRD Salatiga serta beberapa instansi lainnya,” pungkas Zazid. (Guruh Cahyono)

Komentar Anda

You might also likeclose