Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

Duarr !!!! Kapal Nelayan Vietnam Diledakkan TNI AL Setelah Tertangkap Curi Ikan di Kepri

Duarr !!!! Kapal Nelayan Vietnam Diledakkan TNI AL Setelah Tertangkap Curi Ikan di Kepri

sumber foto:detiknews.com

NASIONAL—Tiga kapal nelayan asal Vietnam yang melakukan pencurian di perairan Indonesia akhirnya diledakkan di wilayah perairan Kepulauan Riau tepatnya di Pulau Anambas, Jumat (5/12).  Aksi peledakan ketiga kapal tersebut berada dalam kawalan KRI Sultan Hasanuddin, KRI Barakuda 663 serta KRI Todak 631.

Dari satu kapal dengan nomor lambung ATS012, aparat Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL berhasil mengamankan delapan anak buah kapal (ABK) warga Vietnam. Mereka dibawa menggunakan sekoci patroli Kopaska TNI AL.

Dari seluruh ABK tersebut hanya satu yang bisa berbahasa melayu, saat diinterogasi dirinya mengatakan baru tiga hari berangkat berlayar. “Tiga hari berangkat layar, langsung kami tertangkap. Kami berangkat dari Vietnam,” ujar salah seorang nelayan asing tersebut, Jumat pagi di Batam,seperti dikutip tribunnews.com.

Nelayan asing tersebut juga mengaku beberapa kali masuk ke perairan  Indonesia untuk mencuri ikan. “Sering datang buat tangkap ikan sedikit-sedikit,” katanya.

Seperti diberitakan oleh detik.com, peledakan kapal tersebut dilakukan dengan senjata dari Kapal Navigasi Bintang Laut 4801 oleh Satuan Kopaska Koarmabar. Sebelumnya para nahkoda dan ABK kapal telah terlebih dahulu dievakuasi ke KRI Baracuda 633.

Peledakan tiga kapal nelayan vietnam ini merupakan respons TNI AL atas perintah Presiden Jokowi untuk mengamankan perairan Indonesia dari para pencuri ikan dari negara lain. (Gur/red/jw)

Komentar Anda

You might also likeclose