Tuesday , September 26 2017
Topik Terhangat

Awas, Konten ‘Gadis Mabuk Setelah Pesta’ ternyata Jebakan Malware

Awas, Konten Gadis Mabuk Setelah Pesta ternyata Jebakan Malware

Konten yang menggoda untuk dibuka ini terenyata malware

Teknologi – Bagi pengguna facebook hati-hati, akhir-akhir ini sedang marak konten facebook yang menandai teman anda pada beranda facebook yang bertuliskan ‘Gadis Mabuk Setelah Pesta’ denagn tambahan ‘KONTEN YANG MENGEJUTKAN’ dan juga disertakan gambar sorang gadis yang seolah-olah sedang mabuk. Karena konten tersebut adalah jebakan yang memang sedang beredar di facebook, seperti yang diungkapkan Alfons Tanujaya, analis keamanan internet dari Vaksincom, Senin (8/12/2014)

“Malwer tersebut  diperkirakan berasal dari Malaysia dan saat ini administrator Facebook sedang berusaha membasmi posting-postingan yang menyebar secara masif di beranda pengguna Facebook terutama dari Indonesia dan Malaysia,”ungkapnya seperti dilansir dari detik.com Senin (8/12/2014).

Jika pengguna facebook membuka konten tersebut melalui Smartphone Android, pengguna akan disodori aplikasi UC browser for Android. Sementara jika pengguna facebook membukanya melalui PC maka link tersebut akan membuka Dropbox yang memuat link. Dan jika link tersebut di klik maka pengguna dialihkan ke situs palsu YouTube.

Melalui situs ini pengguna akan diminta untuk menginstal codec untuk melihat video seperti yang terpampang pada konten pertama di facebook, namun bukanlah codec yang terinstal di pc anda, melainkan malware.

“Setelah codecnya diinstal tetap akan dikasih video di You Tube supaya korban tidak curiga. Tetapi sekarang video di YouTube tersebut sudah diblokir,” ungkap Alfons. (pa/jurnalwarga)

Komentar Anda

You might also likeclose