Tuesday , September 26 2017
Topik Terhangat

Bencana Banjarnegara, BPBD : Kabar Bendungan Mrica Jebol Tidak Benar

Bencana Banjarnegara, BPBD : Kabar Bendungan Mrica Jebol Tidak Benar

sumber foto : Paronamio.com/Yanuar Bagaskoro

BANJARNEGARA—Beredar kabar bahwa Bendungan Mrica, Banjarnegara, Jawa Tengah meluap dan jebol. Kabar tersebut tersebar di beberapa media sosial dan aplikasi pengirim pesan singkat. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo P Nugroho mengatakan informasi tersebut tidak benar dan hanya HOAX.

” Kondisi Waduk PLTA Mrica masih aman. Posko BNPB telah melakukan konfirmasi ke BPBD Kabupaten Banjarnegara dan petugas PLTA Mrica. Debit sungai yang masuk ke waduk 1.400 meter kubik per detik atau masih dalam batas normal,” ungkapnya, seperti dilansir tribunjateng.com.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, hujan yang mengguyur Banjarnegara selama dua hari membuat 9 Kecamatan di wilayah tersebut mengalami bencana longsor. Akibat hal ini jalur lalu lintas nasional yang berada di Kecamatan Sigaluh terputus. Sementara itu satu orang warga Desa Sidengok, Kecamatan Pejawaran dilaporkan tewas akibat tertimbun longsor.

Dari data sementara yang tercatat oleh BPBD Banjarnegara, setidaknya terdapat 67 titik bencana longsor pada Kamis [kemarin]. Sebanyak 54 rumah warga mengalami kerusakan serta tiga rumah roboh. Selain itu, tidak kurang dari 20 titik jalan mengalami kerusakan dan tidak dapat dilewati.

Berkaitan dengan hal ini, Bupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo mengeluarkan surat keputusan mengenai Darurat Bencana di wilayahnya tersebut. “Dengan peristiwa ini, Bupati Banjarnegara mengeluarkan SK bahwa Banjarnegara dalam kondidi darurat bencana,” tutur Catur Subandrio, Kepala BPBD Banjarnegara seperti dilansir liputan6.com. (Red/JW/Gur)

Komentar Anda

You might also likeclose