Monday , September 25 2017
Topik Terhangat

Bahasa Jawa Dikhawatirkan Akan Punah

Bahasa Jawa Dikhawatirkan Akan Punah

sbr gbr antara

Yogyakarta-Penggunana bahasa jawa dalam kehidupan sehari-hari yang semakin menurun, dikhawatirkan akan membuat bahasa jawa  akan lenyap. Hal tersebut dibantah oleh Kepala Balai Bahasa DI Yogyakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tirto Suwondo.

Suwondo menyatakan Bahasa Jawa belum akan punah dan sampai sekarang masih banyak pemakainya, namun memang terdapat penurunan pada jumlah pemakainya.”Tapi saya tak bisa menyebutkan angka berapa penurunannya karena belum ada penelitian mengenai hal itu,” ungkapnya seperti dilansir dari republika online pada Minggu (14/12/2014).

Para pengguna bahasa jawa memang lebih banyak adalah orang tua. Sedangkan anak-anak meskipun dia tinggal di Jawa dan orang tuanya  orang Jawa, tetapi lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia.

Mengenai punahnya bahasa jawa Suwondo menegaskan hal tersebut bisa saja terjadi tapi tidak dalam waktu singkat ini.“Meskipun demikian punahnya bahasa Jawa ini masih ratusan tahun. Karena di sekolah dari SD- SMA di Jawa khususnya di Yogyakarta masih ada pelajaran bahasa Jawa, dan juga dari pemerintah daerah masih melakukan pembinaan bahasa Jawa kepada para guru,” tegas Suwondo.

Selain itu dalam UU No. 24 Tahun 2009 pasal 42 mengenai bahasa dijelaskan, Pemerintah  daerah  wajib  mengembangkan,  membina, dan  melindungi  bahasa  dan  sastra  daerah  agar  tetap memenuhi  kedudukan  dan  fungsinya  dalam  kehidupan bermasyarakat  sesuai  dengan  perkembangan  zaman  dan agar  tetap  menjadi  bagian  dari  kekayaan  budaya Indonesia.

Salah satu faktor yang juga memudahkan pemerintah dalam melestarikan bahasa jawa adalah, pada wilayah penggunaanya yang tersebar di 3 provinsi, yaitu D.I.Y, Jawa Tengah dan Jawa Timur jenis bahasa Jawa tergolong sedikit sehingga memudahkan pemerintah untuk melakukan pembinaan. (pa/jurnalwarga)

Komentar Anda

You might also likeclose