Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

Hari Ini Rupiah Ambruk Ke Level Terendah Sejak 2008

Hari Ini Rupiah Ambruk Ke Level Terendah Sejak 2008

Reuters

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerikat Serikat (AS) makin merosot pada perdagangan Selasa pagi 16 Desember 2014. Data valuta asing Bloomberg, Selasa (16/12) menunjukkan nilai tukar rupiah melemah hingga 1,73 persen dan anjlok ke level Rp 12.933 per dolar AS pada perdagangan pukul 9:45 waktu Jakarta. Di awal sesi, rupiah mencatatkan penurunan tajam ke level Rp 12.911 per dolar AS.

Dilansir dari liputan6.com Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menegaskan, pemerintah tetap tak akan melakukan intervensi. Ia juga meminta masyarakat agar tidak resah.

“Tidak perlu resah karena itu ada yang kemahalan tapi ada yang memberi manfaat. Itu masyarakat yang mengkonsumsi barang impor, iya (was-was). Tapi yang menghasilkan barang ekspor, akan mendapatkan manfaat. Yang tanam kopi, cokelat, karet. Tidak semua masyarakat yang susah. Banyak juga yang senang,” kata JK usai membuka Munas PMI ke XX, di JCC, Jakarta, Selasa (16/12/2014).

Para analis mengatakan kejatuhan itu diakibatkan dari kombinasi faktor-faktor termasuk penurunan harga minyak yang tajam telah meningkatkan pesimisme mengenai pertumbuhan global, dan kenaikan stabil dalam dolar dengan harapan bank sentral AS akan mulai meningkatkan suku bunga tahun lalu.(Gigih taja)

Sumber:Bloomberg,liputan6,Reuters

Komentar Anda

You might also likeclose