Monday , September 25 2017
Topik Terhangat

Hina Erick Thohir, Presiden Sampdoria DiKenai Sanksi

Hina Erick Thohir, Presiden Sampdoria DiKenai Sanksi

Roma – Federasi Sepakbola Italia (FIGC) memberi sanksi berupa skorsing tiga bulan dan denda sebesar 10.000 Euro (sekitar 160 juta rupiah) kepada Presiden Sampdoria, Massimo Ferrero Pada Senin (15/12/2014). Hal tersebut dilakukan FIGC terkait penghinaan berbau sara yang dilakukan oleh Massimo Ferrero kepada Presiden Inter Milan, Erick Thohir.

Tindakan penghinaan tersebut diungkapkan oleh Ferrero pada saat dirinya sedang diwawancarai oleh stasiun TV RAI pada 26 Oktober 2014. Dalam wawancara tersebut, topik yang dilontarkan adalah mengenai pengunduran diri Massimo Moratti dari jabatan Presiden Kehormatan Klub sepakbola Inter Milan, dengan isu bahwa pengunduran diri Morarti dikarenakan adanya perbedaan pendapat antara Moratti dengan Thohir.

Dalam wawancara tersebut Ferrero mengungkapkan betapa besarnya jasa Morarti yang telah dia berikan kepada Inter, dan menyalahkan Thohir dianggapnya merusak simbol sepakbola Italia .

“Saya sedih untuknya (Moratti). Saya mengatakan kepadanya, ‘tendang ke luar orang Filipina itu…,” ungkap Ferrero. Ketika pembawa acara memberi tahu bahwa Thohir adalah warga Indonesia, Ferrero malah membalas, “Jangan bela dia, dia menghina lencana sepak bola Italia.” Balasnya, seperti dikutip dari laman bbc.

Ferrero sendiri pasca kejadian tersebut Ferrero sudah meminta maaf kepada Erick, Inter, dan orang Filipina melalui situs resmi Sampdoria. Namun kasus tersebut sudah diajukan hingga Pengadilan Federal atas laporan dari Jaksa Federal dan asistennya.

“Jaksa Federal dan asistennya telah melaporkan Presiden Sampdoria Massimo Ferrero ke Pengadilan Federal karena, berkaitan dengan pernyataannya di depan kamera, pada acara Radio Sprint di Rai 2 pada 26 Oktober 2014 dan diberitakan oleh media mainstream, menyampaikan pernyataan yang menimbulkan prasangka, ofensif, dan diskriminatif berkaitan dengan latar belakang etnis mengenai Presiden Inter Milan Erick Thohir,” demikian pernyataan resmi FIGC.

Sementara itu selain Ferrero Pengadilan federal juga memberi sanksi kepada klub milik Ferrero, Sampdoria, berupa denda sebesar 35.000 euro (sekitar Rp 560 juta). (pa/jurnalwarga)

Komentar Anda

You might also likeclose