Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

Sejumlah Wilayah di Salatiga Rawan Longsor

Sejumlah Wilayah di Salatiga Rawan Longsor

SALATIGA – Sejumlah wilayah di empat kecamatan di Salatiga dipetakan menjadi wilayah rawan longsor. Daerah tersebut antara lain, Kampung Bulu; Ngaglik, Randuacir, Kecamatan Argomulyo; Gunungsari; Nanggulan; Sidorejo Lor, Kecamatan Tingkir dan Klaseman, Kecamatan Sidomukti.

Adapun dua wilayah tersebut ada di Kecamatan Tingkir dan Kecamatan Argomulyo. Adapun daerah yang pernah terjadi bencana longsor di Kota Salatiga tersebut yaitu Gunungsari dan Nanggulan.

Kepala Satpol PP Kota Salatiga Kusumo Aji mengatakan, pemetaan daerah rawan bencana tanah longsor ini didasarkan pada kondisi geografis dan lingkungan daerah masing-masing. Daerah yang dipetakan rawan longsor sebagian besar tidak memiliki saluran pembuangan air yang baik, sehingga bisa memicu terjadinya banjir dan tanah longsor.

“Pemetaan daerah rawan bencana ini, menjadi acuan untuk mengantisipasi terjadi bencana sehingga bisa membuat program langkah antisipasi yang tepat sasaran. Dan langkah antisipasi yang kami lakukan harus direspon oleh semua pihak agar pelaksanaannya bisa maksimal,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Komisi C DPRD Salatiga, M Kemat mengaku akan mendesak Pemkot Salatiga untuk segera merealisasikan wacana pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tingkat kota. Selain itu Kemat mengatakan, selama ini anggaran untuk penanggulangan bencana masih minim.

“Kalau memang sudah ada pemetaan berarti harus segera ada tindak lanjut. Kami akan segera mendesak pemkot untuk membentuk BPBD dan mengalokasikan anggaran bagi penanggulangan bencana,” terang Kemat. (Guruh Cahyono)

 

Komentar Anda

You might also likeclose