Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

Merk-Merk Asli Indonesia ini Disangka Merk Luar Negeri

Merk Merk Asli Indonesia ini Disangka Merk Luar Negeri

Banyak orang berpendapat bahwa produk-produk buatan Indonesia tidak mampu bersaing dengan produk-produk luar. Indonesia sendiri memang dikenal sebagai negara pemalsu produk-produk berkualitas, memang tidak seplagiat Republik Tiongkok, tapi tengok saja di pasaran banyak produk-produk terkenal luar negeri yang di buat versi palsunya. Terutama produk-produk garment dan sepatu.

Tapi jangan salah terdapat beberapa Produk Indonesia yang berkualitas tinggi, bahkan sampai-sampai masyarakat Indonesia sendiri mengira bahwa produk tersebut merupakan produk buatan luar. Bahkan beberapa produk tersebut bisa menguasai pasar di beberapa negara asing.

Berikut adalah merk yang masyarakat kira merk tersebut adalah buatan luar, namun ternyata asli indonesia :

  1. Lea Jeans

Merk Merk Asli Indonesia ini Disangka Merk Luar Negeri

Merk denim Jeans ini memang kebanyakan masyarakat mengira merk ini adalah merk amerika, hal itu tidak salah. Pasalnya pembuat produk sendiri memang membangun paradigma melalui slogan, dan iklan Lea Jeans adalah buatan Amerika, yang paling menonjol adalah logo lea jeans sendiri yang memang mempunyai motif benderra amerika. Mengapa pembuat Lea melakukan hal tersebut? Karena kala itu masyarakat mempunyai pemikiran Denim terbaik adalah buatan Amerika.

Adalah PT Lea Sanent yang memproduksi Lea Jeans. Sebenarnya Lea Jeans sudah diproduksi sejak tahun 1972 namun kala itu pabrik belum berada dibawah naungan PT. Baru pada tahun 1976 produksi Lea Jeans sudah berlisensi PT Lea Sanent.

Lea Jeans baru memasarkan produknya dalam skala domestik, meskipun terdapat regular bayer yang membeli dengan skala besar dari luar. Hingga kini Lea Jeans mempunyai jumlah rata-rata produksi 1 juta pieces per bulan.

 

  1. CFC (California Fried Chicken)

Merk Merk Asli Indonesia ini Disangka Merk Luar Negeri

Dari namanya ayam goreng ini memang mempunyai nuansa Amerika. Dengan menukil Nama salah satu Wilayah di Amerika Serikat yaitu California, ayam goreng ini memang terkesan berasal dari Amerika. Namun jangan salah, CFC adalah merk yang berasal dari Indonesia, didirikan pada tahun 1983 dibawah lisensi PT Pioneerdo Gourment International. Ketika itu CFC masih bernama California Pioneer Chicken baru pada tahun 1988 merubah namanya menjadi California Fried Chicken (CFC) Hingga sekarang.

 

  1. J.CO Donuts

Merk Merk Asli Indonesia ini Disangka Merk Luar Negeri

Merupakan restoran dan waralaba yang mengkhususkan dalam donat, yogurt beku dan kopi. Perusahaan ini didirikan dan dimiliki oleh Johnny Andrean Group. Untuk J.CO Donuts & Coffee sendiri didirikan tahun 2001.

Pada Tahun 2005, outlet pertama J.CO Donuts ane coffe dibuka di Supermall Karawaci. Sejak itu J.CO terus mengembangkan sayap di berbagai mall di Indonesia. Bahkan hingga kini J.CO Donuts sudah mempunyai outlet-outlet di Singapura, Malaysia, Filipina, bahkan hingga China dengan jumlah outlet mencapai ratusan.

 

  1. BYON

Merk Merk Asli Indonesia ini Disangka Merk Luar Negeri

BYON merupakan sebuah merk untuk Notebook (laptop) yang berasal dari Indonsia. BYON sendiri merupakan salah satu Merk Industri Komputer Indonesia yang masih mampu bertahan bersama dengan Zyrex, Axioo, Ion, dan Advan.

Kelebihan BYON dan yang membuatnya terkenal diantara merk yang lain adalah konsep dalam pemasaran, yaitu menggunakan konsep barebone. Konsep tersebut memungkinkan konsumen untuk menentukan sendiri pilihan hardware untuk ditanam dalam Notebook yang mereka pesan seperti prosesor, memori, maupun kapasitas hard disk, optical drive, dan beberapa pilihan lainnya, tentunya hardware tersebut merupakan hardware yang berkualitas atas lisensi Intel Corp.

BYON sendiri merupakan kependekan dari Build Your Own Notebook.

 

  1. Tomkins

Merk Merk Asli Indonesia ini Disangka Merk Luar Negeri

Nama Tomkins memang jamak digunakan oleh orang-orang di amerika atau inggris untuk menamai anak mereka, seperti James Tomkins yang merupakan seorang pesepak bola asal inggris, Silvan Tomkin seorang pemikir pada bidang psikologi, dan lain-lain.

Namun Tomkins yang dimaksud kali ini adalah merupakan sebuah merk sepatu yang terkenal, yang ternyata asli Indonesia. Pabriknya berada di Jl. Gedebage Bandung. Tomkins sendiri diproduksi oleh PT. Primarindo yang juga berkantor pusat di Bandung.

 

  1. Eiger Bodypack

Merk Merk Asli Indonesia ini Disangka Merk Luar Negeri Merk Merk Asli Indonesia ini Disangka Merk Luar Negeri

Satu lagu merk indonesia Made In Bandung, yaitu Eiger. Eiger merupakan merk yang memproduksi aneka perlengkapan outdoor adventure dan tas ini memang populer di kalangan pecinta alam Indonesia karena produk yang berkualitas.

PT Eigerindo Multi Produk Industri merupakan PT yang memproduksi Eiger. Untuk pemilihan nama Eiger sendiri terinspirasi dari gunung Eiger, yakni gunung yang terletak di Bernese Alps, Swiss sesuai dengan produknya yang menyasar bagi para petualang atau pendaki gunung.

Pabrik Eiger berada di Jl. Raya Soreang No. 90 A KM 11.5 Cilampeni Bandung.

 

  1. Polygon

Merk Merk Asli Indonesia ini Disangka Merk Luar Negeri

Merk sepeda Polygon memang sangat populer di Indonesia. Namun ternyata merk ini tidak hanya terkenal di Indonesia, Polygon ternyata juga telah menguasai pasar di beberapa negara besar terutama kawasan benua eropa.

Polygon yang berdiri sejak tahun 1989, sejak awal memang sudah mentargetkan produksi sepedanya untuk di ekspor di luar negeri, yaitu amerika serikat dan negara-negara eropa. Pada tahun 1997 PT. Insera Sena, PT. yang memproduksi Polygon memperkirakan pesatnya perkembangan Industri Sepeda di Tiongkok akan berpengaruh pada pasar sepeda di Indonesia. Atas prediksi tersebut Polygon kini berusaha menguasai pasar asia tenggara dan asia timur.

Hingga Kini Polygon sudah berhasil memasarkan produknya di 17 negara, seperti yang diungkapkan Ronny Liyanto selaku Direktur Marketing PT Dispoly Indonesia, yang merupakan pemasar Polygon pada 2013 lalu.

“Polygon merupakan Brand 100% asli Indonesia. Polygon telah terjual hingga 17 negara. Mulai dari Eropa, AS ada. Malaysia, Thailand, Singapura,”.

(pa/jurnalwarga)

Komentar Anda

You might also likeclose