Monday , September 25 2017
Topik Terhangat

Pemberlakuan Paten, Berikut Beberapa Perizinan di Salatiga Yang Bisa Diurus Tanpa Harus Ke BPMPT

Pemberlakuan Paten, Berikut Beberapa Perizinan di Salatiga Yang Bisa Diurus Tanpa Harus Ke BPMPT
SALATIGA—Pemerintah Kota Salatiga secara resmi me-launching Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan atau yang lebih dikenal dengan akronim Paten pada Kamis (18/12). Launching Paten ditandai dengan penandatanganan Maklumat Pelayanan oleh Camat Tingkir, Camat Sidomukti, Camat Sidorejo, dan Camat Argomulyo dengan disaksikan oleh Asisten Pemerintahan Sekda Kota Salatiga, Drs. Y. Tri Priyo dan Asisten Administrasi Sekda, Sri Wityowati, SE bertempat di Kecamatan Sidomukti Salatiga.

Paten merupakan penyelenggaraan pelayanan publik yang meliputi pelayanan perizinan dan non perizinan di tiap kecamatan dari tahap permohonan sampai dengan terbitnya dokumen. Dengan kata lain, mulai hari ini (Kamis), tiap kecamatan di Salatiga mempunyai kewenangan untuk melayani penerbitan perizinan tertentu. “Kalau bisa dipermudah, kenapa harus dipersulit. Sudah tidak jamannya lagi birokrasi yang panjang dan sulit,” kata Tri Priyo.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Salatiga, Drs. Sulistya, M.Si selaku leading sector peluncuran Paten menjelaskan tentang kriteria perizinan yang diampu oleh kecamatan.

“Ada 5 jenis perizinan yang menjadi kewenangan kecamatan, antara lain, izin mendirikan bangunan (IMB) kurang dari 100m2, izin gangguan (HO) dengan jumlah modal usaha sampai dengan Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah), izin pemakaman pada taman pemakaman umum (TPU) milik pemerintah daerah, Tanda Daftar Usaha Pariwisata kategori pemondokan, warung makan dan salon kecantikan, izin reklame insidentil. Dengan demikian sejumlah izin tersebut bisa diurus tanpa harus ke Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT), ” jelasnya. (Guruh Cahyono/Jurnalwarga)

Komentar Anda

You might also likeclose