Tuesday , September 26 2017
Topik Terhangat

Pemkot Salatiga Tak Punya Anggaran Penanggulangan Bencana

Pemkot Salatiga Tak Punya Anggaran Penanggulangan Bencana

SALATIGA—Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga selama ini tidak pernah memiliki alokasi anggaran khusus untuk penanggulangan bencana. Padahal, sejumlah wilayah di empat kecamatan dipetakan sebagai wilayah rawan bencana khususnya bencana longsor.

Kepala Satpol PP Salatiga, Kusumo Aji membenarkan belum adanya alokasi anggaran untuk penanggulangan bencana alam di Salatiga. Aji menambahkan, selama ini apabila terjadi bencana di Salatiga, Satpol PP membuat nota dinas untuk diajukan kepada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD) sesuai kebutuhan.

“Sejauh ini memang tidak ada alokasi anggaran terkait penanggulangan bencana. Sebelumnya apabila terjadi bencana, kami mengajukan nota dinas kepada DPPKAD untuk meminta anggaran bencana sesuai kebutuhan,” terang Aji kepada jurnalwarga.com, Kamis (18/12)

Aji menambahkan,alokasi anggaran bagi penanggulangan bencana alam akan menunggu terbentuknya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Salatiga yang saat ini sudah masuk dalam rencana pembahasan dengan DPRD Salatiga.

“Kami akan menunggu realisasi pembentukan BPBD Kota Salatiga. Pada 2015 nanti akan masuk dalam pembahasan pembentukan badan dan akan dibicarakan dengan DPRD Salatiga,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah wilayah di empat kecamatan di Salatiga dipetakan menjadi wilayah rawan longsor. Daerah tersebut antara lain, Kampung Bulu; Ngaglik, Randuacir, Kecamatan Argomulyo; Gunungsari; Nanggulan; Sidorejo Lor, Kecamatan Tingkir dan Klaseman, Kecamatan Sidomukti. (Guruh Cahyono)

Komentar Anda

You might also likeclose