Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

Ternyata Rokok Elektrik Juga Berbahaya

Ternyata Rokok Elektrik Juga Berbahaya

Kesehatan-Roko Elektrik yang pada awal kemunculanya diklaim sebagai rokok yang lebih sehat dan ramah lingkungan daripada rokok biasa ini memang tengah populer di Indonesia, meski kemunculanya sudah lama, namun akhir-akhir ini rokok elektrik tengah populer, jika dilihat sudah banyak orang yang menjual barang ini, mulai dai gerai fisik hingga penjualan online.

Namun tahukah anda bahwa Rokok jenis ini tidak kalah berbahaya dibanding rokok-rokok konvensional. Hal ini dikarenakan pada Rokok Elektrik terkandung zat Formaldehyde. Zat ini juga ditemukan dalam bahan bangunan, dan balsem cair. Formaldehyde sendiri meningkatkan resiko seseorang terkena Kanker 10 kali lipat di bandingkan rokok biasa.

Di beberpa negara besar, rokok elektrik sudah dilarang beredar karena alasan kesehatan. Di Tiongkok sendiri, dimana benda ini diciptakan peredaranya sudah dilarang oleh pemerintah setempat. Untuk Indonesia, Instansi yang terkait sedang melakukan kajian kesehatan dan kajian perundang-undangan. Karena selama ini rokok elektrik masih dikategorikan sebagai benda elektronik sehinga regulasinya juga mengikuti benda elektronik bukan rokok.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan Prof Tjandra Yoga Aditama mengungkapkan bahwa rokok jennis ini memang berdampak buruk bagi kesehatan.

“Saya tidak mengatakan bahwa rokok elektronik lebih buruk, sama buruk atau lebih baik dari rokok biasa tapi penelitian membuktikan bahwa rokok elektronik bukan produk yang aman bagi kesehatan,” ujar Tjandra seperti dikurip dari republika online Jumat (19/12/14). (pa/jurnalwarga)

Komentar Anda

You might also likeclose