Tuesday , September 26 2017
Topik Terhangat

Penyair Sitor Situmorang Meninggal Di Belanda

Penyair Sitor Situmorang Meninggal Di Belanda

NASIONAL—Dunia sastra Indonesia berduka, penyair kawakan Sitor Situmorang wafat di Belanda pada Minggu (21/12) waktu setempat. Kabar tersebut dibenarkan oleh sejarawan JJ Rizal yang mengaku diberitahu oleh keluarga pada Minggu pagi.

“Saya diberi tahu keluarga tadi pagi. Terakhir berat badannya susut menjadi 37 kilogram,” kata Sejarawan JJ Rizal.

Sastrawan angkatan 45 tersebut mengembuskan nafas terakhirnya lantaran usianya yang sudah lanjut. Almarhum dikenal sebagai penyair yang cukup produktif serta dipandang sebagai tokoh yang berpengaruh terhadap dunia sastra di Indonesia.

Rizal mengatakan, hingga kini jenazah masih disemayamkan di kediaman istrinya, Barbara Brouwer, di daerah Apeldoorn, di sebuah gementee Belanda yang berada di provinsi Gelderland. Seperti banyak diketahui, mayoritas penduduk di provinsi tersebut merupakan keturunan Maluku semenjak perang dunia ke dua.

Rizal menambahkan, saat ini pihak keluarga tengah bermusyawarah terkait wasiat Sitor yang ingin dimakamkan di tanah kelahirannya. Wasit itu sendiri dituangkan Sitor pada sajak berjudul Tatanan Pesan Bunda. Dalam sajak itu, Sitor ingin dimakamkan di samping ibunya di Danau Toba.

Penyair kelahiran Tapanuli Utara, Sumatera Utara itu pernah dipenjara dan dikenal sebagai tahanan politik pada tahun 1957-1974 oleh pemerintah Orde Baru. Sejumlah karya Sitor pun pernah tidak diizinkan untuk terbit. Sitor juga tercatat pernah menjadi wartawan Harian Suara Nasional dan Harian Waspada.

Komentar Anda

You might also likeclose