Monday , September 25 2017
Topik Terhangat

Masjid Ungaran Jadi Korban Pengrusakan

Masjid Ungaran Jadi Korban Pengrusakan

sbr gbr kompas.com

Ungaran-Aksi pengrusakan terjadi di Masjid Agung Ungaran, Kabupaten Semarang. Tidak hanya itu bahkan para pelaku juga menghilangkan tulisan ‘Allah’ seperti yang diungkapkan oleh salah seorang penjaga masjid Ngabdul Hakim.

“Bahkan kaligrafi ‘Allah’ yang ada di mustaka masjid ini juga raib dan diganti,” ungkap Hakim pada Senin (22/12/2014).

Terdapat tiga buah coretan besar dengan warna hitam pada dinding lantai tiga Masjid Agung Ungaran. Tulisan tersebut antara lain ‘X-NZB2’, ‘X-NZB2 Siap Tempur’ dan ‘Voltavia’. Ukuran pada setiap tulisan rata-rata 80×250 cm.

Lantai tiga sendiri memang belum difungsikan dengan optimal, hanya sebagai ruangan untuk para penjaga masjid. Hakim menduga para pelaku melakukan aksinya tersebut saat sedang sholat Jumat.

“Kamar para penjaga juga di lantai tiga ini, kalau ada orang yang naik ke sini pasti kita tahu. Diperkirakan mereka beraksi pada saat pelaksanaan ibadah shalat jumat,” jelas Hakim.

Marno yang juga merupakan salah satu penjaga masjid mengungkapkan bahwa sebelum adanya coretan tersebut, telah terjadi pengrusakan pada atap masjid hingga menyebabkan lantai utama masjid tergenang air.

“Kami sudah memperbaiki atap yang rusak dua kali, tapi kini tambah ada coretan di dinding.” Ungkap Marno.

Hakim juga menuturkan coretan yang ada di dinding lantai tiga masjid ini mempunyai kemiripan dengan coretan yang ada di daerah Bergas dan Bawen. Namun Hakim belum dapat memastikan apakah pelakunya sama atau orang lain yang masih ada kaitannya.

“Kami dapat memastikan huruf dan tulisannya mirip,” pungkasnya.

Komentar Anda

You might also likeclose