Tuesday , September 26 2017
Topik Terhangat

Pastikan Keamanan Perayaan Natal, Kapolda Kunjungi Gereja Paulus Miki Salatiga

Pastikan Keamanan Perayaan Natal, Kapolda Kunjungi Gereja Paulus Miki Salatiga

Tim Jihandak Sat Brimob Polda Jateng saat melakukan sterilisasi anti teror di Gereja Bethany Salatiga, Rabu (24/12)

SALATIGA—Kapolda Jateng Irjen Noor Ali mengunjungi Gereja Santo Paulus Miki Salatiga pada Rabu (24/12) sore. Kedatangan Kapolda yang diikuti oleh Pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Salatiga tersebut dalam rangka memastikan pelaksanaan pengamanan menjelang Perayaan Natal di sejumlah gereja di Salatiga.

Kapolda mengatakan, Sejauh ini di Salatiga tidak ada indikasi gangguan terorisme yang dapat mengganggu perayaan natal. Namun demikian, pihaknya berharap jajaran Polres Salatiga dibantu aparat terkait tetap harus menerapkan standar prosedur keamanan untuk menjamin lancarnya seluruh kegiatan natal yang dilakukan oleh seluruh gereja di Salatiga.

“Sejauh ini Salatiga termasuk kategori aman menjelang perayaan natal. Kami sudah memerintahkan seluruh jajaran aparat keamanan di Salatiga untuk tetap menjalankan standar prosedur keamanan perayaan natal di Salatiga,” terang Noor Ali.

Sementara itu, sejak Rabu pagi, seluruh gereja di Salatiga telah dijaga ketat oleh personel gabungan dari TNI dan Polri. Bahkan, Polres Salatiga telah meminta bantuan kepada Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Sat Brimob Polda Jateng untuk melakukan upaya sterilisasi sejak satu hari menjelang perayaan natal.

Kapolres Salatiga AKBP RH Wibowo melalui Kabag Ops Polres Kompol Sutarto mengatakan dari 76 gereja di Salatiga ada tiga gereja yang mendapatkan pengamanan khusus oleh tim gabungan. Tiga gereja tersebut adalah Gereja Paulus Miki, Gereja Bethany dan Gereja Efata.

Sutarto menjelaskan, di depan gereja tersebut telah didirikan Pos Pengamanan karena posisinya berada di tengah kota. Terkait antisipasi terorisme, Sutarto mengungkapkan memang berdasarkan laporan dari intelijen Polres Salatiga, ada satu gereja yang mendapatkan perhatian khusus. Namun demikian, Sutarto enggan menyebutkan gereja yang dimaksud.

“Semua sudah dipersiapkan termasuk sterilisasi gereja pada H -1 menjelang hari natal. Sejauh ini hanya ada satu gereja yang perlu mendapatkan pengamanan khusus. Ini berdasarkan petunjuk dan laporan dari Satuan Intelejen Polres Salatiga,” pungkasnya. (Guruh Cahyono/Gigih Taja)

Komentar Anda

You might also likeclose