Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

Rumah Warga di Dusun Butuh Ini Hampir Roboh Karena Tanah Longsor

Rumah Warga di Dusun Butuh Ini Hampir Roboh Karena Tanah Longsor
SALATIGA—Rumah milik Wagiman, 60, warga Dusun Butuh, Kutowinangun, Tingkir, Salatiga nyaris roboh lantaran tanah di belakang rumah tersebut mengalami longsor hingga memakan sebagian pondasi rumah bagian belakang. Kejadian longsor sendiri terjadi pada Selasa (23/12) malam setelah hujan deras mengguyur wilayah Salatiga sejak sore.
Saat kejadian, Wagiman mengaku dirinya bersama sejumlah anggota keluarganya sedang berada di ruang tamu. Wagiman mengatakan dirinya sempat panik saat mendengar suara gemuruh muncul di belakang rumahnya. Saat di lihat, ternyata tanah di bagian belakang rumahnya longsor hingga pondasi pada bagian belakang rumah ikut terbawa tanah.
“Saat kejadian pada pukul 19.00 WIB malam, kami sedang berada di ruang tamu. Tiba-tiba ada suara gemuruh dari belakang rumah. Saat saya melihat ke belakang rumah, ternyata tanah sudah longsor dan pondasi rumah saya terbawa longsoran tanah tersebut,” terang Wagiman.
Berdasarkan pantauan jurnalwarga.com di lokasi, sejumlah warga dibantu relawan dari Salatiga Peduli terlihat sedang memperbaiki pondasi yang rusak dengan memasang bambu penyangga. Warga mengaku pihak Kecamatan Tingkir sudah meninjau lokasi namun belum mengambil langkah terkait kejadian ini.
Koordinator relawan Salatiga Peduli, Santo Handoyo mengatakan, pihaknya dibantu warga mengambil langkah untuk memasang bambu penyangga untuk menghindari robohnya rumah akibat tanah yang mungkin saja masih bisa longsor. Santo menambahkan, sejauh ini sejumlah bantua dari warga sekitar terus berdatangan untuk memperbaiki pondasi tersebut.
“Memang dari Kecamatan Tingkir sudah datang namun belum ada tindakan. Padahal jika dilihat kondisinya, apabila nanti hujan turun tanah bisa kembali longsor. Bisa-bisa rumah Pak Wagiman ini roboh terkena longsoran,” pungkas Santo. (Gigih Taja)

Komentar Anda

You might also likeclose