Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

Mesir dan Maroko Larang Penayangan Film Exodus: Gods and Kings

Mesir dan Maroko Larang Penayangan Film Exodus: Gods and Kings

Christian Bale didapuk sebagai pemeran utama dengan peranya sebagai nabi musa dalam film Exodus: Gods and Kings

Film Exodus: Gods and Kings mendapat larangan tayang di dua negara islam yakni Maroko dan Mesir. Maroko menjadi negara pertama yang melarang penayangan film arahan sutradara kenamaan asal Inggris Ridley Scott. Mesir kemudian juga menerapkan peraturan yang sama terhadap film tersebut.

Di maroko, pelarangan diterapkan pada bioskop-bioskop satu hari sebelum penayangan perdana yakni Jumat (26/12/2014). Alasan pemerintah setempat melarang film ini sebenarnya belum jelas, padahal sebelumnya Pemerintah melalui lembaga Cinema Center Maroko (CCM) telah memberi izin tayang. Seperti yang diungkapkan Hassan Belkady yang merupakan seorang manajer bioskop.
“Mereka menelpon dan mengancam jika film akan tetap ditayangkan mereka akan menutup bioskop,” ungkap Hassan seperti dilansir dari laman bbc Sabtu (27/12/2014).

Sedangkan di Mesir, pemerintah menganggap bahwa film ini tidak sesuai dengan sejarah yang tepat. Bangsa yahudi mempunyai andil dalam pembangunan Piramida dan Nabi Musa Membelah laut Merah, hal tersebut yang menurut Kepala badan sensor Mesir tidak sesuai dengan sejarah. Bangsa Yahudi, menurutnya, tidak ambil bagian dalam proses pembangunan piramida.

Film Exodus: Gods and Kings sendiri bercerita mengenai pembebasan bangsa Yahudi dari Firaun Ramses yang merupakan Raja Mesir. Dalam film tersebut Christian Bale berperan sebagai Nabi Musa yang merupakan tokoh utama dalam film tersebut. (Pa/JurnalWarga)

Komentar Anda

You might also likeclose