Sunday , September 24 2017
Topik Terhangat

Tim Basarnas Indonesia, Disebut Sebagai Tim SAR Terbaik se Asia

Tim Basarnas Indonesia, Disebut Sebagai Tim SAR Terbaik se Asia

Jakarta-Indonesia dianggap sebagai salah satu negara yang mempunyai tim SAR terbaik dan tercanggih diantara negara-nrgara di kawasan Asia. Predikat tersebut ditujukan kepada Tim Basarnas atas pencapaianya dalam menemukan pesawat dan korban yang hilang dalam beberapa waktu terakhir.

Sebagai negara maritim, yang terdiri dari 18.000 pulau, tim Basarnas menjadi terbiasa dengan medan geografis dan operasi pencarian yang sulit. Seperti yang diungkapkan Greg Waldron selaku Asia managing editor of industry publication Flight Global.

“Indonesia sudah terlatih dalam menghadapi bencana. Mereka sangt cekatan dan lihai dalam menyelidiki kecelakaan pesawat,” ungkap Waldron.

Selain itu Waldron juga menambahkan terjalinya hubungan baik antara tim penyelidik dari Indonesia dengan institusi-institusi yang menyelidiki kecelakaan penerbangan di seluruh dunia juga termasuk didalamnya Dewan Keselamatan Transportasi Nasional dari Amerika Serikat. Hal tersebut tentu menjadi keuntungan sendiri bagi Indonesia.

Indonesia juga memiliki peralatan-peralatan yang canggih termasuk salah satunya kendaraan laut tanpa awak yang dapat menavigasi pada kedalaman tertentu. Bahkan mampu mencapai beberapa titik dasar laut, meskipun keadaan dasar laut tidak memadai untuk dicapai.

Seperti yang dikatakan Mark Martin, sebagai Penasehat Perusahaan Penerbangan Independen dirinya berpendapat. Dengan perlengkapan dan peralatan yang canggih, Indonesia akan cepat menemukan pesawat yang hilang.

“Jika ada pesawat jatuh, Indonesia akan cepat dan upaya penyelamatan harus berhasil,” kata Martin seperti dilansir dari ROL.

Indonesia sendiri sudah mempunyai banyak pengalaman terkait penyelidikan dan pengamanan kecelakaan pesawat. Pada Mei 2012, peawat Sukhoi Superjet 100 mengalami kecelakaan yang menewaskan 45 orang. Laporan kecelakaan tersebut dirilis pada Agustus 2012 oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Pada April 2013 di Bali, Pesawat Lion Air Boeing 737-800 jatuh ke laut. Tidak ada Korban jiwa dalam kejadian tersebut. Laporana awal langsung diterbitkan pada Mei tahun 2013. Kini Indonesia tengah mengupayakan pencarian Korban atas kecelakaan AirAsia QZ8501 rute Surabaya-Singapura yang telah kehilangan kontak pada Minggu (28/12/2014) pagi. Hingga kini baru beberapa korban yang telah ditemukan.

 

 

 

Komentar Anda

You might also likeclose