Tuesday , August 22 2017
Topik Terhangat

Pengadilan Tolak Gugatan Pedagang Pasar Rejosari

Pengadilan Tolak Gugatan Pedagang Pasar Rejosari

SALATIGA– Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Kota Salatiga yang diketuai Djoni Witanto memutuskan menolak seluruh gugatan yang diajukan oleh para pedagang Pasar Rejosari kepada sejumlah pedagang Pasar Rejosari, PT Patra Berkah Itqoni (PBI) yang bertindak selaku investor pembangunan pasar serta Pemkot Salatiga selaku pihak yang turut tergugat pada Selasa (13/1).

Dalam sidang yang mengagendakan pembacaan amar putusan tersebut, pihak penggugat diwakili oleh salah kuasa hukum Agung Pitra Maulana. Adapun Pemkot diwakili oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Sri Danudjo didampingi kuasa hukum Tyas Tri Arsoyo.

Seperti diketahui 16 pedagang Pasar Rejosari telah melakukan gugatan kepada lima pedagang terkait penandatangan berita acara sosialisasi rencana pembangunan pasar. Kegiatan sosialisasi itu sendiri dilakukan oleh PT PBI yang ditunjuk oleh Pemkot sebagai investor guna melakukan pembangunan pada 8 Mei 2012.

Adapun gugatan yang ditujukan kepada lima pedagang Pasar Rejosari yakni atas nama Sapari sebagai tergugat I, Sarwanti tergugat II, Sri Maryati (tergugat III), Sulastri (tergugat IV) dan Soetikno selaku mantan Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Rejosari Salatiga (tergugat V).

Kelimanya oleh penggugat dianggap melakukan perbuatan cacat hukum saat menandatangani berita acara sosialisasi pembangunan pasar. Selain itu, gugatan juga ditujukan kepada PT PBI selaku investor pembangunan (tergugat VI) dan Pemkot Salatiga melalui Disperindagkop dan UMKM sebagai pihak yang turut tergugat. Pihak penggugat beranggapan, berita acara tersebut tidak sah dan tidak memiliki kekuatan hukum.

Atas perbuatannya tersebut, pihak penggugat kemudian menuntut dilakukannya pembayaran ganti rugi senilai total Rp 210 juta. Selain itu, mereka juga menuntut penundaan rencana pembangunan pasar dan dilakukan musyawarah ulang.

Dalam putusan yang dibacakkan, majelis hakim yang diketuai Djoni Witanto dan dua hakim anggota Andri Safari serta Sri Endah Rahmawati menolak seluruh gugatan yang diajukan oleh pihak penggugat. Selain itu, pengadilan juga mewajibkan kepada pihak penggugat untuk membayar biaya perkara.

Adapun dari pihak tergugat, majelis hakim menolak eksepsi dari tergugat I, tergugat II, tergugat III, tergugat V, dan tergugat VI. Saat dimintai tanggapannya, kuasa hukum penggugat Agung Pitra Maulana mengaku akan pikir-pikir dahulu. Pihaknya memiliki waktu 14 hari ke depan untuk menyatakan sikap. (Guruh Cahyono)

Komentar Anda

You might also likeclose