Monday , August 21 2017
Topik Terhangat

200 Pelajar Ikuti Sosialisasi Kebijakan Perhubungan di GPD

200 Pelajar Ikuti Sosialisasi Kebijakan Perhubungan di GPD

SALATIGA – Sebanyak 200 siswa yang berasal dari seluruh sekolah menengah atas (SMA/SMK/MA) di Salatiga mengikuti Sosialisasi Kebijakan di bidang Perhubungan di Gedung Pertemuan Daerah Salatiga, Selasa,( 05/05) lalu.

Dalam laporan ketua panitia yang disampaikan oleh Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dishubkombudpar Kota Salatiga, Sidqon Effendi, dijelaskan bahwa kegiatan ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa kondisi umum kecelakaan lalu lintas masih didominasi oleh keterlibatan sepeda motor yang dikendarai oleh pengemudi dengan usia muda, termasuk anak sekolah. “Rentang usia 15-21 serta 22-30 masih mendominasi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor,” jelas Sidqon Effendi.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat supaya lebih memahami dan menyadari tentang pentingnya keselamatan lalu lintas. “Secara umum kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan lalu lintas, mengurangi risiko kecelakaan pada generasi muda,” ungkap Sidqon Effendi.

“Sosialisasi ini merupakan kegiatan awal dari kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Tahun 2015 yang dilaksanakan mulai Rabu sampai dengan Sabtu tanggal 6 sampai dengan 8 Mei 2015, pesertanya sebanyak 30 pelajar yang diambil dari peserta sosialisasi yang merupakan perwakilan dari tiap sekolah,” terang Sidqon Effendi.

Peringkat I Pelajar Pelopor mendapat penghargaan dan uang pembinaan sebesar Rp. 1.000.000,-, Peringkat II Rp. 750.000,- sedangkan Peringkat III mendapat Rp. 500.000,-. “Peringkat I dan II akan diikutsertakan pada kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ Tingkat Provinsi Jawa Tengah,” imbuh Sidqon Effendi.

Sosialisasi yang melibatkan Kepolisian Resort Salatiga dan PT Asuransi Jasa Raharja Cabang Semarang ini secara resmi dibuka oleh Wakil Walikota Salatiga, Muh. Haris. “Yang ditekankan di sini adalah komitmen untuk selalu berbudaya tertib saat berkendara di jalan. Jadi, tularkan ilmu yang diperoleh di sini kepada teman-teman di sekolah dan lingkungan,” kata Wakil Walikota.

Sementara itu seorang peserta, Reza Utami mengatakan bahwa ia senang ikut kegiatan ini. “Tahun lalu waktu masih kelas 10 saya ikut kegiatan ini, dan sekarang saya ikut lagi,” kata siswi SMK Sudirman Tingkir ini. Teman satu sekolahnya, Sulistyanto yang merupakan anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS) pun mengatakan hal yang sama. “Sebagai anggota PKS, tentu saja kegiatan ini sangat berguna, karena kami juga kadang bertugas di jalan,” ungkap Sulistyanto.

Hal senada juga disampaikan oleh Dewi Purwati. “Kegiatan ini sangat berguna untuk menambah pengetahuan khususnya di bidang lalu lintas,” pungkas siswi SMK Muhammadiyah Salatiga ini.

Komentar Anda

You might also likeclose