Monday , August 21 2017
Topik Terhangat

Sensasi Virtual Reality Kacamata Kardus Google

Sensasi Virtual Reality Kacamata Kardus Google

Jurnalwarga-Kabar gembira bagi pengguna Smartphone Android. Kini para pengguna Android tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk merasakan sensasi realitas maya (Virtual Reality) cukup dengan ponsel anda dan Cardboard (Kacamata kardus) dari google yang bisa anda buat sendiri serta dua buah lensa yang bisa dibeli dipasaran.

Google cardboard sendiri pertama-tama masih berbentuk kardus, sehingga pengguna harus merakitnya yakni dengan menggunting dan melipatnya terlebih dahulu, seperti origami. Setelah itu masukan dua buah lensa pada cardboard dan sisipkan smartphone android.

Secara default, cardboard pas untuk ukuran smartphone android dengan layar 5 inc. Smartphone android ini berfungsi untuk memproyeksikan gambar virtual ke lensa yang kemudian mengolahnya untuk ditampilkan ke mata kita. Lalu bagaimana cara kita mengontrol perangkat android kita?

Tenang, Sebelum memasang smartphone, pengguna bisa menjalankan aplikasi demo Cardboard yang disediakan Google di toko aplikasi Play Store. Setelah aplikasi berjalan, pemakai Cardboard tak perlu lagi menyentuh layar smartphone untuk navigasi.

Untuk memilih aneka macam demo di aplikasi Cardboard, pengguna tinggal menolehkan kepala ke arah kiri dan kanan. Goyangan kepala dideteksi oleh aneka macam sensor pada smartphone, dan tampilan menu akan mengikuti arah pandangan mata pengguna.

Sensasi Virtual Reality Kacamata Kardus Google

Cardboard menyajikan dua buah gambar terpisah pada layar smartphone. Lensa pada Cardboard memproyeksikan tampilan ini pada mata pengguna sehingga mencakup semua bidang pandang mata layaknya teknologi 3 dimensi.

Saat memakainya kita benar-benar merasa seperti berada didunia lain. Sensasi 3D yang dihasilkan membuatnya seolah tampak benar-benar di depan mata. Tertarik mencoba? Silakan pesan atau buat sendiri Google Cardboard sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan Google di laman ini.

Editor : Pramudyananta

Sumber dan gambar: kompas tekno

Komentar Anda

You might also likeclose