Monday , August 21 2017
Topik Terhangat

Asosiasi Pemain Spanyol Dukung Penghentian La Liga Pada 16 Mei Mendatang

Asosiasi Pemain Spanyol Dukung Penghentian La Liga Pada 16 Mei Mendatang

Madrid– Kisruh sepak bola Spanyol kian berkembang, hal ini lantaran Asosiasi Pemain Spanyol (AFE) menyatakan dukungannya pada penghentian liga yang dilakukan Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) pada 16 Mei mendatang. Hal itu secara otomatis mempengaruhi dua laga sisa musim ini di Liga Spanyol.

Penghentian putaran liga oleh RFEF berawal dari adanya aturan baru yang diterapkan Kementerian Spanyol terkait pembagian hak siar yang lebih merata. Aturan baru nantinya akan mengakhiri sistem lama di mana memperbolehkan masing-masing klub menjual hak siar televisi secara terpisah. Sistem baru juga diyakini berpotensi meningkatkan harga hak siar Liga Spanyol.

Namun usulan itu kemudian ditolak RFEF, yang akan kehilangan 4,55 persen bagian pendapatan dari pertandingan sepak bola di tiap pekannya. Selain itu RFEF juga menolak memberikan hak untuk mengatur transfer pemain di liga kepada Liga Profesional Spanyol (LFP).

AFE sendiri menolak sistem tersebut lantaran dianggap lebih mementingkan sepak bola wanita dan juga divisi ketiga Liga Spanyol. AFE juga khawatir  bagian mereka dari pendapatan televisi akan semakin dipangkas.

“Kami ingin memastikan AFE diakui dan mendapatkan persentase langsung,” ujar Direktur Olahraga AFE, Vicente Blanco, seperti yang dilansir AS.

Menyikapi ‘perlawanan’ dari RFEF dan AFE, LFP menganggap aksi penghentian liga yang diusulkan RFEF dan AFE tersebut sebagai sebuah tindakan ilegal. “Keputusan untuk melakukan penghentian liga merupakan sebuah pelanggaran kesepakatan yang jelas antara LFP dan AFE,” tulis pernyataan resmi LFP.

Sumber : CNN Indonesia

Editor : Guruh Cahyono

Komentar Anda

You might also likeclose