Friday , August 18 2017
Topik Terhangat

Pejabat ESDM Gunakan Uang Korupsi Rp68,7 Juta Untuk Makan dan Foya-Foya

Pejabat ESDM Gunakan Uang Korupsi Rp68,7 Juta Untuk Makan dan Foya Foya

Jakarta — Sejumlah pejabat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) disebut-sebut turut ¬†menikmati uang korupsi senilai Rp 68,7 juta untuk keperluan makan-makan dan hiburan. Uang tersebut adalah bagian dari hasil korupsi yang didakwakan kepada bekas Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Waryono Karno.

“Uang digunakan untuk biaya makan malam Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM sebesar Rp 35 juta, makan siang dengan Badan Pemeriksa Keuangan sebesar Rp 13,7 juta, dan untuk entertain auditor Inspektorat Jenderal ESDM sebesar Rp 20 juta,” ujar tim jaksa yang diketuai Fitroh Rohcahyanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (7/5) seperti dilansir CNN Indonesia.

Uang hasil korupsi itu dipakai dengan dalih penyerapan anggaran kementerian yang dinilai cukup rendah. Namun demikian, kegiatan tersebut tak tercantum dalam daftar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2013.

Anak buah Waryono, Eko Sudarman, mendapat uang sebanyak Rp 2,96 miliar. Uang makan dan hiburan hanya sebagian kecil dari total duit tersebut.

Jumlah uang tersebut sebagai alokasi kegiatan sosialisasi sektor energi dan SDM bahan bakar minyak bersubsidi. Faktanya, 48 paket sosialisasi untuk sejumlah kota tak pernah digelar. Untuk membuat seakan-akan sosialisasi itu nyata, dokumentasi dimanipulasi dengan lokasi disebutkan Jakarta.

Tindakan tersebut dilakukan sepengetahuan Waryono dan disebutkan dalam dakwaan merupakan inisiasi Waryono. Atas dakwaan tersebut, KPK lantas menjerat Waryono dengan Pasal 2 ayat 1 juncto Pasal 18 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1.

Sumber : CNN Indonesia

Editor : Guruh Cahyono

Komentar Anda

You might also likeclose