Wednesday , August 23 2017
Topik Terhangat

Uang Palsu Salatiga : Sindikat Pengedar Uang Palsu Ditangkap di Bendosari dan Tengaran

Uang Palsu Salatiga : Sindikat Pengedar Uang Palsu Ditangkap di Bendosari dan Tengaran

SALATIGA—Jarwadi, 29, warga Belon, Kumpulrejo, Argomulyo dan Siti Solikah, 54, warga Tegalrejo, Tengaran terpaksa harus berurusan dengan polisi lantaran keduanya mengedarkan uang palsu dengan kadar keaslian hampir 90 persen. Keduanya kini mendekam di sel Mapolres Salatiga dan terancam huuman maksimal 10 tahun penjara.

Penangkapan kedua pelaku berawal dari kecurigaan petugas terhadap ulah Jarwadi yang sudah lama diintai. Jarwadi selalu berkeliling ke beberapa warung di wilayah Salatiga untuk sekedar membeli rokok dengan selembar uang Rp100.000. Saat informasi yang sudah didapat lengkap, petugas Satreskrim Polres Salatiga meringkus Jarwadi saat melakukan aksinya dengan menggunakan sepeda motor tiger H 2210 UV di sebuah warung di Bendosari.

“Pelaku, atas laporan warga sudah kami intai dan ternyata benar yang bersangkutan selalu membeli rokok atau bensin dengan uang palsu. Kita amankan yang bersangkutan dan kami geledah rumahnya,” terang Wakapolres Salatiga, Kompol Iwan Irmawan, Jumat (8/5) kemarin.

Dari hasil pengembangan, Jarwadi mengaku mendapatkan uang palsu dari Siti Solikah. Petugas kemudian menjemput Siti Solikah di rumahnya dan membawa yang bersangkutan ke Mapolres Salatiga. Dari tangan kedua pelaku, petugas berhasil menyita sisa uang palsu yang belum diedarkan senilai Rp11,7 juta.

“Saya beli Rp10 juta melalui ibu Siti Solikah dan mendapatkan uang palsu Rp28juta. Sebanyak Rp13juta diantaranya sudah saya edarkan sampai ke Klaten, Muntilan, Semarang dan beberapa tempat lainnya,” terang Jarwadi.

Sementara Siti Solikah mengaku hanya diminta memberikan uang dari seorang penyedia uang palsu kepada Jarwadi. “Saya hanya diminta menyerahkan, jadi bukan saya yang jual. Saya hanya dapat imbalan Rp250ribu,” terangnya.(Guruh Cahyono)

Komentar Anda

You might also likeclose