Wednesday , August 23 2017
Topik Terhangat

Qualcomm Buat Prosesor Dengan 10 Core

 

JurnalQualcomm Buat Prosesor Dengan 10 Corewarga-Setelah beberapa vendor besar smartphone menggunakan prosesor Snapdragon 810 Octa (8) core miliknya, kini Qualcomm dikabarkan tengah menyiapkan penerusnya yakni Snapdragon 818. Prosesor ini dikabarkan akan memiliki 10 inti (core).

Dalam prosesornya ini Qualcomm juga mengimplementasikan teknologi big.LITLE pada Snapdragon 818. Namun konfigurasinya terbilang unik, bila prosesor octa core biasanya terdiri dari empat core untuk menangani beban ringan, dan empat core lainnya untuk beban berat, maka deca core punya tambahan dua core lagi. Tugasnya adalah untuk menangani beban menengah.

Alasan Qualcom hanya menggunakan dua inti untuk menengani beban menengah adalah karena biasanya sebuah ponsel lebih banyak menangani beban ringan seperti menjalankan aplikasi pesan instan atau media sosial, atau malah beban berat sekaligus seperti bermain game dalam penggunaan keseharian.

Prosesor ini bakal dibekali chip grafis Adreno 532. Snapdragon 818 juga sudah mendukung penggunaan RAM jenis LPDDR4, dan mampu menangani kecepatan seluler 4G LTE Cat-10.

Untuk informasi mengenai kapan prosesor yang menggunakan pabrikasi 20 nm itu akan dilrilis masih belum jelas. Namun kabar yang beredar menyebutkan bahwa Qualcomm berencana akan meluncurkannya pada sekitar kuartal IV tahun 2015 ini.

Jika kabar ini benar maka Qualcomm mengikuti jejak Mediatek (MTK) yang telah lebih dulu merilis prosesor berinti 10. Perusahaan asal Taiwan ini menamai prosesor deca (10) core pertamanya dengan sebutann Helio X20.

editor : pramudyananta

sumber : detikiNet

Komentar Anda

You might also likeclose