Wednesday , August 23 2017
Topik Terhangat

Daya Beli Lemah, Penjualan Motor di Indonesia Merosot

Daya Beli Lemah, Penjualan Motor di Indonesia Merosot
JAKARTA–Penjualan sepeda motor di Indonesia sepanjang bulan April lalu kian lesu dibanding bulan sebelumnya, sebanyak 23.441 unit. Kesenjangan penjualan tercatat kian lebar jika dibanding dengan April 2014, yakni merosot hingga 190.535 unit. Hal ini dipengaruhi oleh faktor lemahnya daya beli.

Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Seluruh Indonesia (AISI) yang diterima seperti diberitakan oleh detik.com, Selasa (12/5/2015) menunjukkan, penjualan motor sepanjang Maret tahun ini mencapai 562.185 unit. Sedangkan pada April, penjualan sebanyak 538.744 unit.

“Kalau melihat realitas, penurunan penjualan sepanjang April lalu lebih parah dibanding bulan Maret. Apalagi jika dibanding April 2014. Penyebab utamanya daya beli yang masih lemah, atau bahkan bertambah melemah,” papar Ketua Bidang Komersial AISI, Sigit Kumala

Sigit menambahkan, naiknya harga bahan kebutuhan pokok terutama beras menjadi pemicu keengganan masyarakat untuk membeli motor. Hal ini banyak terjadi di daerah-daerah penghasil komoditas perkebunan, penurunan pembelian kendaraan roda dua itu sangat terasa.

Di sisi lain, di sebagian wilayah lain, terutama Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, sepanjang April yang semestinya bulan panen, ternyata bergeser. Tanaman yang mereka harapkan belum bisa dipanen.

“Jadi dengan kondisi seperti itu, orang akan memilih memprioritaskan bahan kebutuhan pokok ketimbang motor,” kata dia.

Sumber : Detik.com

Editor : Guruh Cahyono

Komentar Anda

You might also likeclose