Sunday , August 20 2017
Topik Terhangat

Korlantas: Mulai 2016 SIM Motor Akan Dibagi Menjadi 3 Klasifikasi

Korlantas: Mulai 2016 SIM Motor Akan Dibagi Menjadi 3 Klasifikasi

Ujian untuk membuat SIM C (motor)/istw

Jurnalwarga-Setelah hanya menjadi wacana, kini Korlantas akan serius menyusun peraturan mengenai pembagian SIM untuk kendaraan bermotor roda dua. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Korlantas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono.

Pembagian SIM menggunakan sistem berdasarkan besaran kapasitas mesin. Sehingga bagi pengguna kendaraan bermotor roda dua dengan kapasitas mesin besar seperti moge diwajibkan mempunyai SIM khusus.

“Klasifikasi SIM berdasarkan kapasitas mesin motor ini akan terealisasi pada 2016,” ungkap Condro, ketika ditemui disela peresmian fasilitas Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta (8/5/2015).

Pembagian SIM berdasarkan besaran kapasitas mesin ini diterpakan karena semakin besar kapasitas mesinnya, tentu tingkat kesulitan mengendarainya akan kian besar. Maka dibutuhkan keterampilan hingga atittude yang berbeda pula.

“Perbedaan SIM berdasarkan kapasitas mesin diperlukan. Sebab, tingkat kesulitan serta performa mesin yang berbeda tiap kapasitas mesin motor,” terang Condro.

Untuk pembagianya sendiri Condro mengungkapkan bahwa pihaknya mungkin akan membagi SIM khusus moge menjadi tiga kategori.

“Mungkin kita akan bagi per cc. Misalnya, kategori di bawah 250cc, lalu ada lagi 250-500cc dan kemudain di atas 500cc. Sehingga mungkin nantinya ada SIM C, SIM C1 dan SIM C2,” pungkasnya.

Editor : Pramudyananta

Sumber : otomotifnet

Komentar Anda

You might also likeclose