Friday , August 18 2017
Topik Terhangat

Peneliti LIPI Temukan Enam Kandidat Spesies Baru di Gunung Tambora

Peneliti LIPI Temukan Enam Kandidat Spesies Baru di Gunung Tambora

Gunung Tambora (Jialiang Gao/wikimedia commons)

Jakarta–Tim peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah berhasil menemukan enam kandidat spesies hewan baru dan satu kandidat spesies tumbuhan baru di sekitar Gunung Tambora, Nusa Tenggara Barat.

Seperti diberitakan CNN Indonesia, ketujuh kandidat spesies baru tercatat dari 280 spesies satwa dan 250 spesies tumbuhan yang ditemukan di Gunung Tambora selama penelitian 15 hari sejak 16 April lalu.

Peneliti dari Pusat Penelitian Biologi LIPI Cahyo Rahmadi, mengatakan penelitian yang juga diikuti oleh tim ekspedisi NKRI dari TNI Angkatan Darat dilakukan melalui jalur pendakian Kawinda Toi dan melibatkan 48 orang, termasuk 16 peneliti dari LIPI.

Keenam calon spesies baru itu adalah dua spesies cicak, yaitu: Cyrtodactylus sp.1 dan Cyrtodactylus sp.2; dua spesies Arachnida yaitu Stylocellus sp. dan Sarax sp. atau Kalacemeti; dan dua spesies kupu-kupu malam, yaitu Ernolatia sp. dan Xyleutes sp.

Sementara spesies baru tumbuhannya adalah tumbuhan yang hanya punya satu daun dari suku Gesneriaceae subfamili Epithemateae dan marga Monophyllaea.

Khusus untuk cicak, ahli reptilia Awal Riyanto mengatakan keduanya memiliki ciri yang berbeda dari 5 spesies cicak dari famili Cyrtodactylus yang ada di lesser Sunda.

“Saya yakin ini spesies baru setelah membandingkan dengan kawasan Sunda land dan Australia, kombinasinya tak ada yang sama,” kata Awal seperti dilansir CNN Indonesia, Selasa (12/5).

Sumber : CNN Indonesia

Komentar Anda

You might also likeclose