Monday , August 21 2017
Topik Terhangat

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK di Kecamatan Tingkir Meriah

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK di Kecamatan Tingkir Meriah

SALATIGA–Halaman Kecamatan Tingkir didominasi oleh warna biru hari ini. Rupanya tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Salatiga mengadakan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-43 dan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) Ke-XII Tahun 2015, Selasa (12/5).

Peringatan HKG PKK ke-43 dan Pencanangan BBGRM ke-XII diresmikan dengan pemukulan kentongan dan pemotongan tumpeng oleh Walikota Salatiga. Kegiatan ini mengusung tema “Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat XII dan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-43 Kita Gelorakan Kerja Gotong Royong”.

Dalam sambutannya Walikota salatiga Yuliyanto, SE. MM. mengatakan bahwa gerakan gotong royong dapat mengurangi kesenjangan dan kecemburuan sosial yang bisa berdampak pada disintegrasi bangsa. “Hal ini dapat diwujudkan dengan gerakan pembangunan masyarakat yang berawal dari keluarga. Hendaknya PKK dapat menjadi motivator dan dinamisator masyarakat agar setiap keluarga dapat menjadi instrumen pembangunan”, lanjut Yuliyanto.

Selain dimeriahkan oleh bazar disekitar lapangan, kegiatan ini juga diramaikan oleh penampilan pemenang lomba yang sebelumnya diadakan PKK. Penampilan tersebut antara lain tari kreasi daerah dari Kecamatan Sidomukti, paduan suara dari Kecamatan Sidomukti dan Kulintang dari TP PKK Kota Salatiga.

Berbagai piala penghargaan diberikan kepada TP PKK yang memenangkan lomba yang diadakan oleh PKK Kota Salatiga. Perlombaan itu antara lain Lomba Evaluasi 10 Program Pokok PKK tahun 2014 yang dimenangkan oleh Kelurahan Kumpulrejo, Lomba Hatinya PKK tahun 2014 dimenangkan oleh Kelurahan Kutowinangun dan Lomba Kader Posyandu tahun 2014 dimenangkan oleh Kelurahan Randuacir. Sementara Lomba Paduan Suara tahun 2015 dimenangkan oleh Kelurahan Mangunsari, Lomba Tari Kreasi Daerah tahun 2015 dimenangkan oleh Kelurahan Kalicacing dan Lomba penyuluhan dijuarai oleh ketua TP PKK kelurahan Tingkir Tengah.

Sedangkan piala bergilir PKK Kota Salatiga Tahun 2015 ini dibawa pulang oleh Kecamatan Argomulyo. Selain itu, TP PKK Kota Salatiga juga mendapatkan penghargaan juara 1 pada Lomba Kadarkum Ormas TP PKK Tingkat Bakorwil I Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015.

Selain penghargaan, dalam acara ini juga diserahkan bantuan APBD Provinsi Jawa Tengah kepada kelompok UP2K PKK, Kelompok UED SP dan Posyandu serta bantuan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan Bantuan Hibah Bidang Pemberdayaan Masyarakat Sarana Prasarana. (Wd/Humas Salatiga)

Komentar Anda

You might also likeclose