Monday , August 21 2017
Topik Terhangat

12 Cabang Seni Dilombakan Dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Salatiga

12 Cabang Seni Dilombakan Dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Salatiga

SALATIGA–Sebanyak dua belas cabang seni dilombakan dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP tingkat Kota Salatiga tahun 2015. Acara dibuka langsung oleh kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Gati Setiti, 13/5 di lapangan upacara SMP N 1 Salatiga Jl. Kartini.

Cabang yang dilombakan adalah: vokal group, kreativitas seni tari, festival musik tradisional, MTQ, cipta cerpen bahasa indonesia, story telling, menyanyi tunggal, seni lukis, desain motif batik, cipta lagi, cipta puisi dan baca puisi. Lokasi lomba adalah SMP N 1 Salatiga dan Gedung Eks Sanggar Pramuka komplek Kantor Disdikpora.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah: menggali dan melestarikan seni dan budaya bangsa Indonesia yang tersebar di 34 provinsi; membina dan meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang seni dan sastra; menanamkan dan membina apresiasi seni sastra, khususnya terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa; serta menumbuhkembangkan sikap sportivitas dan kompetitif peserta yang berwawsan global.

Dalam sambutannya Gati Setiti meminta agar anak-anak yang berlomba sportiv. “Tampil sebagai juara adalah harapan dan keinginan setiap anak peserta lomba. Namun tujuan dari FLS2N ini adalah pembentukan krakter siswa, sehingga kejujuran, keberanian dan sportivitas serta kreatifitas adalah ending-nya. Sebagai generasi muda anak-anak harus mampu memahami dan melestarikan budaya yang adiluhung. Selamat berlomba dan raih prestasi setinggi mungkin,” pesan Gati setiti.

Diva(13) siswa dari SMP Al-Azhar Salatiga yang turut dalam lomba mengaku senang karena diberikan kesempatan untuk mengikuti FLS2N. “Saya ikut lomba desai motif batik, meski baru pertama kali ikut ajang ini saya berharap bisa menang,” terang siswi kelas VIII ini.

Penghargaan yang diberikan kepada juara 1-3 berupa tropi, piagam dan uang pembinaan. Selanjutnya peserta juara I akan mengikuti lomba sejenis ke tingkat Provinsi Jawa Tengah mewakili KOta Salatiga yang akan dilaksanakan pada tanggal 25-27 Mei 2015 ini di Semarang.

Komentar Anda

You might also likeclose