Monday , August 21 2017
Topik Terhangat

28 Regu Pramuka Salatiga Meriahkan Lomba Krida Saka Bhakti Husada

28 Regu Pramuka Salatiga Meriahkan Lomba Krida Saka Bhakti Husada

SALATIGA—Ada yang berbeda di halaman Gedung Pertemuan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Tengah Jl. Hasanudin 833 Salatiga pada Rabu 13/05. Pagi itu ratusan pelajar berseragam pramuka tampak bergegas memberikan pertolongan kepada para korban bencana alam gempa bumi. Ada yang mengalami luka ringan sampai dengan patah tulang.

Pertolongan dilakukan dengan cepat dan tepat untuk setiap korban. Setelah memberikan pertolongan pertama, para korban tersebut dievakuasi ke rumah sakit mini. Ternyata para pelajar tersebut tengah memeragakan simulasi pertolongan pertama dalam lomba Krida Saka Bakti Husada Tingkat SMP dan SMA Kota Salatiga.

Selain tim penilai dan guru-guru, simulasi tersebut dipantau langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga Sovie Harjanti serta Inspektur Kota Salatiga, Niken Lidiastuti. Kegiatan kepramukaan satu hari yang diadakan oleh DKK Salatiga ini mengambil tema “Remaja Cinta Lingkungan Sekolah”.

Lomba Krida Saka Bakti Husada ini diikuti oleh perwakilan pelajar SMP dan SMA sederajat se-Kota Salatiga yang terdiri dari 18 regu dari tingkat SMP dan 10 regu untuk tingkat SMA. Dalam kegiatan ini, selain simulasi pertolongan pertama juga digelar lomba poster kesehatan dan jelajah krida.

“Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman remaja terhadap kesehatan lingkungan dan mempersiapkan generasi muda yang dapat menolong diri sendiri dan orang lain untuk hidup sehat,” jelas Sekretaris DKK, Siti Zuraidah, selaku Ketua Panitia.

Siti Zuraidah menerangkan bahwa dalam perlombaan ini DKK menyediakan sejumlah hadiah untuk para juara. “Untuk lomba pertolongan pertama, Juara I Rp. 1.000.000, Juara II Rp. 800.000, Juara III Rp. 600.000. Lomba Jelajah Krida juga sama seperti lomba pertolongan pertama. Sedangkan lomba poster Juara I Rp. 500.000, Juara II Rp. 400.000 dan Juara III Rp. 300.000,” ungkap Ketua Panitia.

Kegiatan kepramukaan ini secara resmi dibuka oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto dengan pengalungan tanda peserta pada perwakilan SMP dan SMA. Dalam kesempatan tersebut, Walikota juga berkenan melepas lomba jelajah krida yang segera menjelajahi Taman Kota yang terletak di Bendosari. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Saka Bakti Husada merupakan wadah yang baik untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan yang dapat membantu melembagakan hidup sehat bagi masyarakat sekitarnya,” kata Walikota.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh seorang guru pembimbing dari SMP N 6, Yoseph Tantara. “Bukan masalah menang atau kalah, yang penting anak didik kami mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang berguna dari kegiatan ini,” jelas Yoseph Tantara sambil memantau siswanya.

Sementara itu, seorang pramuka anggota Saka Bakti Husada Kwarcab Salatiga yang ikut terlibat membantu panitia, Wulan, juga mengatakan hal yang senada. “Saya senang bisa ikut berpartisipasi membantu panitia lomba,” kata siswi SMK PGRI I Salatiga ini.(sg)

Komentar Anda

You might also likeclose