Friday , August 18 2017
Topik Terhangat

Sambut Rencana Qualcomm, MediaTek Resmikan Prosesor 10 Core-nya

Sambut Rencana Qualcomm, MediaTek Resmikan Prosesor 10 Core nya

Jurnalwarga-Mendengar kabar jika rivalnya, yakni Qualcomm, sedang menyiapkan Snapdragon 818, prosesor dengan 10 core, MediaTek kini telah lebih dulu meresmikan prosesor 10 core-nya yakni Helio X20.

Prosesor Helio X20 ini dibagi ke dalam 3 kelompok kerja core dengan pembagian 2-4-4, dua core dengan kecepatan 2,5 Ghz ARM A72 akan mengatasi aktivitas yang paling berat, sedangkan kedelapan core yang dibagi menjadi dua kelompok akan mengatasi aktivitas yang lebih ringan.

Prosesor ini mampu mendukung layar dengan resolusi 2K (2048 ├Ś 1080). Selain itu prosesor ini juga mampu endukung penggunaan micro controller untuk mengatur input suara, dan mampu menghadirkan dua kamera utama. Helio X20 juga diklaim mampu memutar musik tanpa perlu menyalakan dua core utamanya.

“Mereka (Helio X20-red) akan lebih efisien dalam hal penggunaan energi tanpa kehilangan performa. Kami juga yakin bisa mengubah image kami dari vendor murahan,” ujar Mohit Bhushan, head of US marketing MediaTek seperti dikutip dari detikiNet, Rabu (13/5/2015).

MediaTek sendiri masih bersaing dengan Qualcomm untuk menanamkan prosesor mereka pada produk-produk smartphone kelas atas. Bahkan Bhushan mengaku bahwa saat ini MediaTek cuma bisa ‘bermain’ di ponsel kelas bawah, dan Qualcomm masih merajai produk Smartphone terkini.

Namun dengan hadirnya Helio x20 ini MediaTek yakin akan mampu bersaing dengan Qualcomm. Karena kesenjangan teknologi yang diterapkan antara pihak MediaTek dan rivalnya tersebut akan semakin mengecil seiring berjalanya waktu.

Helio X20 diperkirakan akan bisa hadir pada produk-produk mobile pada akhir 2015. Kita tunggu saja apakah MediaTek memang mampu menyaingi Qualcomm, ditambah lagi beberapa saingan lainya yakni Intel dan beberapa vendor smartphone yang membuat prosesor sendiri, seperti Huawei dan Samsung.

Komentar Anda

You might also likeclose