Wednesday , August 23 2017
Topik Terhangat

Tidak Setia, Jendral Di Korea Utara Dieksekusi Dengan Ditembak Menggunakan Rudal

Tidak Setia, Jendral Di Korea Utara Dieksekusi Dengan Ditembak Menggunakan Rudal

ilustrasi rudal anti pesawat/istw

Jurnalwarga-Seorang pejabat tinggi Korea Utara,yakni Jenderal Hyon Yong-chol yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan untuk Korea Utara dilaporkan telah dieksekusi mati pada 30 April lalu. Hyon dibunuh dengan cara ditembak dengan senjata rudal anti pesawat terbang, di depan ratusan penonton.

Seperti dilansir dari BBC, eksekusi tersebut dilakukan oleh pemerintah setempat terkait tudingan bahwa Hyon menunjukkan ketidak-setiaan kepada pemimpin Korea Utara, yakni Kim Jong-un. Hyon disebut pernah tertidur saat Kim Jong-un tengah menyampaikan pidatonya. Selain itu Hyon juga beberapa kali tidak melaksanakan perintah Presiden.

Hyon Yong-Chol menjadi Jendral sejak tahun 2010. Kemudian pada tahun 2012 dia diangkat menjadi panglima militer menyusul saat dilakukanya pembersihan militer besar-besaran saat Kim Jong-un menjabat sebagai pemimpin tertinggi di negara komunis tersebut.

Hyon juga merupakan anggota komite pemakaman pemimpin Korea Kim Jong-il (Ayah Kim Jong-un) yang meninggal pada Desember 2011. Hal tersebut semakin menegaskan bahwa Hyon merupakan salah satu tokoh elite politik di Korea Utara.

Meskipun kabar yang diterima oleh publik umum tidak terlalu mendetail. Namun hukuman mati dengan cara ditembak dengan rudal anti pesawat terbang tersebut menegaskan bahwa Kim Jong-un akan serius menghadapi para orang-orang yang tidak setia kepadanya.

Sebelum ini Kim Jong-un juga pernah menghukum mati pamanya Chang Song-thaek yang merupakan orang kepercayaan Kim Jong-il semasa menjabat sebagai presiden Korea Utara.

Komentar Anda

You might also likeclose